Mengenal Teknologi Chery Super Hybird Chery Tiggo 8, Bisa Menempuh 90 Km Tanpa Bensin

Angga Marsanto | 16 Apr 2025

Full Width Image
First Drive Chery Tiggo 8 CSH

AFTERMARKETPLUS.id -
Chery Indonesia menggelar first drive Chery Tiggo 8 CSH, yang merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berkapasitas 7 penumpang pertama di Indonesia yang menggunakan platform Chery Super Hybird (CSH).

Bagaimana cara bekerjanya sistem dan teknologi yang terdapat di Chery Tiggo 8 CSH.

Vice President of Chery Indonesia at Chery Automobile, Zeng Shou mengatakan, "Perpaduan yang terdapat di teknologi Super Hybird Electric Vehicle (Super HEV) dan Electric Vehicle (EV), hadir sebagai alternatif kendaraan hemat energi. Bila dilihat dari keterbatasan infrastruktur charging station dan lamanya pengisian daya, mobil jenis ini memiliki efektifitas lebih baik dari kendaraan murni (EV)."

"Tidak seperti hybrid konvensional yang masih sangat bergantung pada mesin bensin, Chery Super Hybrid mampu menghasilkan tenaga ke roda secara independen dari motor listriknya, memberikan efisiensi energi lebih tinggi, akselerasi responsif, dan pengalaman berkendara lebih halus dan senyap," imbuh Zeng Shuo di kawasan PIK, Jakarta Utara, Selasa (15/4/2025).


Kemudian Rifkie Setiawan, Head of Brand Departement PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengatakan, sebagai pencapaian penting Tiggo 8 CSH menjadi model pertama dengan teknologi Chery Super Hybrid yang diproduksi dengan sistem kemudi kanan (right-hand drive), khusus untuk pasar Indonesia. Ini menjadi simbol penting bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pasar utama Chery di kawasan Asia Pasifik, tetapi juga sebagai pusat pengembangan teknologi otomotif masa depan.

“Teknologi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi kami menghadirkan solusi mobilitas masa depan yang efisien, cerdas, dan siap menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang dinamis. Diharapkan bisa menjadi pilihan terbaik dari segmen hybrid dalam efisiensi bahan bakar,” ujar Rifkie Setiawan.

Chery Tiggo 8 CSH menggunakan mesin ACTECO H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo, yang dikembangkan eksklusif untuk platform Chery Super Hybrid generasi terbaru.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga gabungan sebesar 243 PS dan torsi hingga 215 Nm.

Menariknya untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa mencapai 76 Km per liter berdasarkan pengujian WLTC, sementara untuk efisiensi termal mesin mencapai 44,5 persen yang menjadikan diatas rata-rata standar industri saat ini.

Kemudian untuk bagian mesin bertenaga dan motor listrik disempurnakan Transmisi 1DHT Super Electric Hybrid tanpa stepless.

Transmisi ini menjadikan perpindahan daya yang halus dan presisi, perpaduan ideal antara kekuatan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Asyiknya Chery Tiggo 8 CSH mampu menempuh jarak 90 kilometer dengan model full EV alias tanpa bensin, ini menjadikan pilihan berkendara ramah lingkungan untuk mobilitas perkotaan.

Chery Tiggo 8 CSH menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (Li-Po) yang telah mengantongi sertifikasi IP68 Waterproof, yang memiliki kemampuan pengisian cepat dari 30 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 20 menit melalui port CCS2.

Ketika daya baterai menipis saat berkendara, mesin yang beroperasi secara otomatis akan memasok daya.

Selanjutnya Fitur Nap Mode dan Vehicle-to-Load (V2L) External Power Supply, menjadi nilai tambah signifikan, memungkinkan Chery Tiggo 8 CSH berfungsi sebagai sumber daya listrik portabel saat aktivitas di alam terbuka.

Kemudian dibagian interrior, bangku penumpang memiliki fitur pijat (massage seat) dan ventilasi, serta electric panoramic sunroof menghadirkan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Voice command yang dapat diakses secara offline juga memudahkan dalam mengontrol berbagai fungsi Chery Tiggo 8 CSH.

SUV Chery Tiggo 8 CSH dibekali kamera 540 derajat, ISOFIX, serta 14 fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) termasuk Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, dan Automatic Braking System.

#hybrid #Mobil Hybrid #Chery Tiggo 8 CSH

...
Author : Angga Marsanto > 1967 Articles

Angga Marsanto, lulusan S1 Ekonomi STEKPi, memulai karir dibidang otomotif sejak :
2009 - 2014 Jurnalis di Majalah Yamaha Motodream
2015 - 2019 Jurnalis di Otorider.com
2019  Senior Editor Aftermarketplus
2012 - Sekarang Ketua Umum Jakarta Jupiter Club
2013 sebagai Konseptor Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI)
2010 - 2014 Test Rider Yamaha
 

Comment (0)

List Comment

No Comment