Menyusuri Kota Medan Bersama DFSK Super Cab yang Super Irit

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Belum lama ini (25/11/2021) kami mendapat undangan dari PT Sokonindo Automobile untuk mencoba secara langsung kendaraan komersialnya yaitu, DFSK Super Cab 1.5L Bensin di ajang ‘Super Cab Media Challenge’ seri ke-5 yang berlangsung di kota Medan. Sebelumnya gelaran yang sama telah dilangsungkan di Jakarta, Bali, Surabaya dan Bandung.

Media Test drive ini selain untuk menguji ketangguhan DFSK Super Cab yang sudah dibekali AC dan Power Steering sebagai perlengkapan standar, salah satunya juga ingin mengetahui seberapa irit konsumsi bbm dari mobil ini. Karena sebagai mobil yang ditujukan untuk usaha, tentu selain diharapkan tangguh juga efisien bahan bakar.

Untuk menguji seberapa mumpuninya mobil ini, bak belakang dipenuhi dengan semen seberat 1 ton dan diisi dengan 2 penumpang. Bak model Flat Deck dengan ukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT) ini menjadi nilai lebih.

Untuk sebuah mobil komersial, posisi duduk DFSK Super Cab cukup nyaman dengan pengaturan kursi maju mundur dan visibilitas juga lumayan oke. Dengan tinggi 173 cm, Kami cukup mudah memasuki mobil ini dan head room yang masih lumayan luas. Sayangnya ada sedikit yang mengganggu, yaitu posisi rem tangan (parking brake) terasa terlalu mepet ke sebelah kanan, sehingga membuat kaki sebelah kiri terasa kurang nyaman.

Rute dalam kota menjadi santapan pertama DFSK Super Cab. Situasi lalu lintas ramai lancar membuat mengemudikan mobil ini kami tidak mengalami kesulitan berarti, bawanya cukup ringan seolah tanpa mengangkut beban. Selain nyaman digenggam, stir juga lumayan ringan. Ini terasa sekali pada saat putar balik dan pada saat memarkirkan kendaraan.

Selanjutnya Super Cab kami arahkan menuju jalan tol dengan kecepatan di antara 50 – 60 km/jam. Mengusung mesin 1.500 cc dengan tenaga 102 dk dan torsi 140 Nm tarikan DFSK Super Cab ini terasa enteng banget, meskipun mengangkut beban yang tidak ringan.

Setelah puas mengendarai Super Cab sejauh 62.9 km dengan melewati berbagai kondisi jalan di kota Medan, kami dikejutkan dengan hasil konsumsi bahan bakar yang didapat, yaitu 16.5 km/liter.

[MNR]

About pekik udi irianto 1711 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present