Kini Hyundai IONIQ 5 Semakin Canggih dengan Fitur Bluelink

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melakukan penyegaran pada IONIQ 5 yang kini dilengkapi dengan fitur Hyundai Bluelink. Pembaharuan ini juga dilengkapi dengan 19 fitur terbaru yang khusus diprogram untuk IONIQ 5 untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik.

“Hyundai Bluelink di IONIQ 5 hadir dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kendali jarak jauh pada berbagai fungsi kendaraan. Salah satunya adalah fitur Remote Start & Stop Climate Control untuk menyalakan, mematikan, serta mengatur suhu (climate) di dalam kabin langsung dari aplikasi,” terang Putra Samiaji, Head of Before Service Department PT Hyundai Motors Indonesia (13/9/2023).

“Hyundai Bluelink juga memungkinkan pengguna menjadwalkan pengaturan climate control dan pengisian daya langsung melalui aplikasi sehingga fungsi tersebut dapat berjalan otomatis pada waktu yang telah ditentukan,” imbuh Putra.

Untuk pengisian daya yang lebih seamless, kini pengguna bisa membuka dan menutup pintu pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink dengan fitur Remote Open & Close Charging Door. Pengguna juga dapat memulai dan menghentikan pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink melalui fitur Remote Start & Stop Charging. 

Menariknya ada pula fitur EV Service yang memungkinkan pengguna mengatur batas pengisian daya, mengatur notifikasi sebelum pengisian daya selesai, dan memonitor konsumsi energi yang digunakan. 

Dengan hadirnya Hyundai Bluelink pada IONIQ 5 memungkinkan penggunanya untuk memantau status kendaraan dengan lebih baik. Melalui fitur Charging Status, pengguna bisa melihat dan memantau berbagai indikator seperti Charging Port Connection Status, Battery Level, Scheduled Charging On/Off, Scheduled Climate Control On/Off, dan Charging Door Open/Close

Khusus untuk Charging Port Connection Status, pengguna akan menemukan tampilan lima status dari port pengisian daya, yaitu Not Plugged In, Plugged In, Fast Charging, Standard Charging, atau Waiting for Schedule. Masing-masing indikator akan memudahkan pengguna untuk memastikan apakah charger gun sudah terpasang dengan baik, melihat teknologi pengisian daya yang digunakan, hingga memastikan penjadwalan pengisian daya.

Selain itu, aplikasi Hyundai Bluelink untuk IONIQ 5 kini juga sudah menyediakan informasi Odometer kendaraan. Jadi, pemilik dapat memeriksa informasi jarak tempuh kendaraan kapan pun dan di mana pun yang juga dapat menjadi pengingat untuk melakukan servis berkala. Semua fitur yang disebutkan di atas dapat pengguna lihat pada menu Status di aplikasi Hyundai Bluelink.

Putra menambahkan, “IONIQ 5 dengan Hyundai Bluelink juga dilengkapi fitur navigasi yang kian lengkap. Salah satunya, Search Nearby kini memungkinkan pengguna untuk mengetahui lebih banyak point of interest (POI), meliputi Nearby Eat & Drink, Nearby Charging Station, Nearby Parking, dan Nearby Shopping. Informasi petunjuk arah ke lokasi POI tersebut juga terintegrasi dengan fitur Send to Car sehingga pengguna bisa mengirim lokasi POI yang ingin dituju dari aplikasi ke kendaraan.”

Pengguna juga dapat melihat seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh kendaraan berdasarkan kapasitas baterai yang tersedia melalui fitur EV Driving Range. Fitur ini menampilkan dua lingkaran yang masing-masing menunjukkan radius jarak yang dapat ditempuh menggunakan 80% dan 100% dari kapasitas baterai yang tersedia.

Ada juga fitur Previous Destinations yang akan memberi pengguna info seputar lokasi yang sempat dikunjungi sebelumnya untuk memudahkan pengguna mengunjungi kembali lokasi-lokasi yang masih kurang familiar.

Hyundai turut menghadirkan integrasi antara head unit IONIQ 5 dengan Hyundai Bluelink. Melalui fitur Last Mile Navigation pengguna dapat memindahkan navigasi yang ditampilkan di kendaraan ke aplikasi Hyundai Bluelink ketika lokasi tujuan berjarak 200 m – 2 km dari lokasi kendaraan diparkir.

Dengan demikian, pengguna tetap dapat diarahkan ke tempat tujuan melalui navigasi setelah turun dari kendaraan. Lalu ada fitur Connected Routing untuk menampilkan informasi terkait rute perjalanan yang lebih tepat, waktu tiba yang lebih presisi, hingga kondisi lalu lintas yang lebih akurat. 

Asyiknya lagi pengguna juga bisa melakukan pembaharuan Map dan sistem infotainment secara over-the-air (OTA). Pembaharuan map serta sistem infotainment akan diperiksa secara berkala dan diunduh secara otomatis saat tersedia.

Selama proses download berlangsung, pengguna masih bisa menggunakan map dan sistem infotainment secara normal. Pengguna juga dapat memberikan perintah suara setelah menekan tombol khusus di setir untuk mengontrol kendaraan serta mengoperasikan sistem infotainment melalui fitur Voice Command.

Voice Command juga dapat digunakan untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon setelah pengguna menghubungkan smartphone ke sistem infotainment via Bluetooth. Tidak ketinggalan, Hyundai Bluelink kini juga menyajikan informasi prakiraan cuaca di lokasi sekitar untuk enam hari ke depan melalui fitur Weather.

Hyundai IONIQ 5 Bluelink tersedia dalam berbagai warna eksterior yaitu, Optic White, Titan Gray Metalic, Magnetic Silver Metalic dan Midnight Black Pearl. IONIQ 5 Bluelink juga menawarkan pilihan warna eksterior Gravity Gold Matte dengan biaya tambahan sebesar Rp 3,5 juta.

Tertarik Sob? Berikut harga Hyundai IONIQ 5 Bluelink (on the road) Jakarta:

 — IONIQ 5 Bluelink Prime Standard Range : Rp 759 juta

— IONIQ 5 Bluelink Prime Long Range : Rp 800 juta

— IONIQ 5 Bluelink Signature Standard Range : Rp 820 juta

— IONIQ 5 Bluelink Signature Long Range : Rp 870 juta

[MNR]

About pekik udi irianto 2381 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present