AHM Buka Kompetisi Vokasi, Incar SDM Unggul

AFTERMARKETPLUS.id – Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealernya mulai membuka seleksi siswa dan guru berprestasi di bidang vokasi otomotif roda dua melalui seleksi siswa dan guru berprestasi untuk mengikuti Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocation School.

Seleksi murid dan guru berprestasi AHSC for Vocation School akan dilaksanakan di 693 SMK yang mengimplesentasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

Bekerjasama dengan 27 main dealer Honda di 34 provinci seluruh Indonesia, seleksi dilakukan untuk siswa yang berada di kelas Xl dan guru yang sudah terdaftar di SMK mitra binaan AHM.

Untuk penilaian siswa dan guru SMK akan melalui berbagai tahap seleksi di tingkat sekolah sebelum maju ketingkat regional. Jika menjadi yang terbaik di tingkat regional, para peserta akan dipilih sebagai wakil provincinya untuk mengikuti kompetisi puncak tingkat nasional yang akan digelar AHM pada semester ll tahun ini.

Tahap seleksi para siswa akan ditantang mengikuti ujian tertulis, praktek dan trouble shooting untuk mengetahui dan menganalisa serta menyelesaikan permasalahan pada sepeda motor Honda, karena pada tahap ini para siswa diuji berdasarkan penguasaan mereka atas materi kurikulum TBSM Astra Honda yang dipelajari pada semester 1-4.

Sementara untuk para guru yang sudah memiliki sertifikat Uji Kompentensi Guru minimal level Bronze. Semua tenaga pengajar diuji berdasarkan pemahaman modul dasar dan modul lanjutan yang diberikan oleh AHM kepada setiap SMK mitra binaan.

“Kami berharap ajang kompetisi yang memasuki tahap ke 11 bisa membantu menyiapkan generasi muda yang siap bersaing menghadapi perkembangan teknologi industri sepeda motor nasional, serta para guru yang mumpuni dan berkualitas di 693 SMK mitra binaan yang tersebar di 34 provinci di Tanah Air. AHSC for Vocation School merupakan bagian upaya AHM untuk berkontribusi menciptakan SDM unggul melalui pendidikan vokasi di Indonesia,” ujar Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM.

Menariknya para peserta juga diuji pengetahuan terkait teknologi teranyar Honda yang dapat diakses melalui porta oniline e-Learning yang dapat diakses melalui alamat https://edukasi.satuhati.id. Portal e-Learning ini selalu dikembangkan dan diperbaharui secara berkala oleh tim AHM sesuai dengan perkembangan isu, produk dan teknologi saat ini.

Hal ini dilakukan untuk menjembatani ‘link & match’ dunia usaha dan dunia industri yang mampu menciptakan SDM unggul.

[Angga Marsanto]