Astra Dukung Program Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang Berlangsung di Universitas Balikpapan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Astra menginisiasi program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dengan tujuan mengampanyekan penggunaan kendaraan secara tertib dan aman guna mengurangi insiden dari kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya memberikan kampanye pada para pengguna kendaraan, program IAABL juga mengajak para pengguna jalan untuk membudayakan aman berlalu lintas.

Melalui program Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang setiap tahun dilaksanakan, Astra berharap seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta menjadi pelopor keselamatan berkendara. Festival IAABL dengan tema “Collaboration for Safety & Sustainability Driving” tahun ini digelar di Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (18/9/2022).

Kegiatan ini menyuguhkan seminar IAABL dan pelatihan pelopor commercial vehicle yang disaksikan oleh lebih dari 250 mahasiswa dan 250 pelanggan Grup Astra.

Menurut data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia dalam lima tahun terakhir mencapai titik tertinggi pada tahun 2019 yaitu 116.411 kecelakaan. 

“Kami mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-65 untuk Astra. Ayo kita wujudkan keamanan, ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya,” ujar Kombes Pol Sony Irawan, Dirlantas Polda Kaltim.

“Hingga Agustus tahun 2022, seluruh lini bisnis Grup Astra telah menerapkan program IAABL, sehingga secara kumulatif telah membina 9.795 Pelopor Keselamatan Berkendara dan mengedukasi sebanyak 171.886 orang,” terang Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

Rangkaian Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 telah dilaksanakan sejak 2 September 2022, dimulai dari peresmian Safety Riding Lab ke-5 di Indonesia bersama Astra Motor dan Yayasan Astra Honda Motor yang berlokasi di SMAN Bali Mandara Buleleng Provinsi Bali, melengkapi keempat Safety Riding Lab lainnya di Binjai, Bekasi, Banten dan Malang.

Program ini juga memberikan pelatihan kepada duta pelopor keselamatan berkendara di wilayah Kalimantan dengan melibatkan lebih dari 650 pelopor, serta 65 kegiatan rangkaian Bulan Keselamatan Berkendara Nasional yang diikuti lebih dari 6.500 masyarakat sepanjang tahun.

Melalui IAABL, Grup Astra senantiasa berusaha meningkatkan jumlah pelopor keselamatan dan menargetkan penambahan 500 pelopor keselamatan baru pada tahun ini. Pelopor keselamatan merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga diperlukan kolaborasi dengan seluruh masyarakat agar mereka dapat berperan dalam mempercepat peningkatan kesadaran pentingnya keselamatan berkendara.

[WAP]