Bedah Jeroan Skuter Listrik Yamaha E01

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Yamaha Indonesia setelah memperkenalkan skuter listriknya di Indonesia pada 22 April 2022 bertempat di Head Office Yamaha Indonesia, kini akan melangsungkan tahap tes pasar di Indonesia, karena motor listrik ini sekilas mirip dengan Yamaha Nmax, namun untuk spesifikasi setara dengan skuter 125 cc. 

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan untuk kebutuhan market test untuk mengumpulkan informasi soal perkembangan kendaraan berbasis listrik sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Publik dikatakan bisa mencoba motor ini pada semester kedua.

Yamaha E01 terlihat sangat mirip dengan Yamaha Nmax yang sudah ada di pasar Indonesia, terlihat dari bagian bodi depan, setang dan bagian kaki-kaki. Skuter listrik Yamaha ini didesain menggunakan rangka double cradle frame dengan swing arm Contolled Filling yang dibuat dengan cara die casting berbahan aluminium.

Yamaha E01 ini mendapat energi listrik dari baterai lithium-ion 4,9 kWh yang ditidak bisa diganti. Saat baterai dalam kondisi terisi penuh jarak tempuhnya bisa mencapai 104 km. Asyiknya dalam pengisian baterai ada beberapa tipe yakni fast charging hanya satu jam, normal lima jam, dan portabel 14 jam.

Yamaha Indonesia juga menyediakan alat cas portabel yang bisa disimpan di bagasi dan lokasi colokan cas berada di bawah tameng angin sehingga mudah ketika parkir.

Melihat hasil performa Yamaha E01 bisa dibilang mirip dengan motor konvensional berkapasitas 125 cc, kemudian ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih biker, yaitu ECO yang mengeluarkan tenaga 5,4 kW dan torsi 21,4 Nm, STD 8,1 kW dan 24,5 Nm, serta PWR 8,1 kW dan 30,2 Nm.

Fitur lain yang terdapat di Yamaha E01 yaitu traction control, ABS dual channel, dan regeneratif braking yang menawarkan sensasi engine braking. Yamaha E01 sudah dilengkapi Y-Connect namun bedanya tidak pakai bluetooth sebagai jalur koneksi ponsel melainkan mengandalkan SIM Card dan jaringan seluler untuk mengirim data ke server aplikasi.

“Sampai saat ini kami belum menjual model EV di Indonesia, kami juga telah melakukan tes market dengan tipe Yamaha E-Vino, Dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, hari ini Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung,” terang Minoru Morimoto, Presiden Direktur YIMM kepada aftermarketplus.id (22/4/2022).

Minoru Morimoto menambahkan Ini adalah “Proof of Concept” untuk menjawab tantangan EV Yamaha di Indonesia ke depan serta perkembangan motor listrik Yamaha di Indonesia yang masih sebatas tes pasar, artinya Yamaha E01 belum bisa dibeli.

[Angga Marsanto]