Kupas Detail Plus Minus Aprilia SR GT-200: Motor Eropa yang Milenial Wajib Punya!

AFTERMARKETPLUS.id – Halo sobat Aftermarketplus! pada bulan 16 Juli 2022 lalu PT Piaggio Indonesia meluncurkan skutik pertamanya Aprilia SR GT-200 dengan ciri khas Italia dalam hal ekspresi namun tetap memiliki teknologi yang modern.

Motor dengan desain penggabungan konsep sporty dan adventure ini cukup menjadi daya tarik saat melintas di jalanan perkotaan, begitu juga dengan ground clearance-nya yang tinggi dan suspensi depan yang panjang dapat dengan mudah melintas di medan offroads.

Meski produk Italia, kabarnya motor ini masih Compeletely Build Up (CBU) dari Vietnam. Terdapat dua varian harga dengan versi standard Rp 60 juta on the road Jabodetabek dengan pilihan warna Street Grey, Infinity Blue, dan Aprilia Black.

Sementara versi Sport harganya Rp 61,5 juta dengan pilihan warna Street Gold, Iridium Grey, dan Red Raceway.

Dikomparasi Honda ADV 160 & Yamaha Xmax 250
Melihat dari sisi tampilan, Aprilia SR GT-200 kerap disandingkan dengan Honda ADV 160. Terutama kendaraan asal Itali ini mengusung mesin yang tidak jauh berbeda yakni 174 cc, yang menawarkan 13 kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Tak hanya itu, dari sisi harga Aprilia juga dibandingkan dengan Xmax 250 dengan perbandingan harga yang tak jauh, yakni 1 jutaan. Xmax di harga Rp 62,5 juta dan Aprilia SR GT-200 di harga Rp 61,5 juta.

Meski seringkali dibandingkan, Aprilia SR GT-200 bukan kendaraan yang diperuntukkan bagi kaum mendang-mending. Sebab, kendaraan roda dua asal eropa dengan budget biaya tersebut tergolong masih masuk kantong.

Selain itu, bodinya Aprilia SR GT-200 disandingkan dengan skutik besar namun dengan bobot yang cukup ringan yakni 148 kilogram dibandingkan dengan Xmax berat kosong yang mencapai 179 kilogram.

Hal tersebut sangat menguntungkan bagi pengendara di jalanan perkotaan yang kondisi jalanan padat.

Redaksi aftermarketplus.id menilai, memilih kendaraan selain dari aspek biaya maupun teknologi tapi juga soal rasa. Karena setiap kendaraaan memiliki value experience yang dirasakan tiap pengendara.

Test Ride Aprilia SR GT-200
Tentunya Redaksi Aftermarketplus.id mendapat kesempatan untuk test ride. Skutik ini dicoba dengan rute Senayan City, Jakarta – Leuwiliang, Bogor Barat – Puncak Bogor dengan total keseluruhan jarak perjalanan 214 kilometer.

Pengalaman pertama yang dirasakan saat mengendarai Aprilia SR GT-200 adalah dudukan pengendara alias jok yang empuk dengan suspensi yang nyaman. Meskipun perjalanan tidak selalu mulus, namun pengendara tetap merasakan kenyamanan dengan pijakan kaki yang lega.

Jok Aprilia SR GT 200 memiliki dua permukaan yakni kasar dan halus. Ukurannya pun besar dan lebar yang menjadi indikator kenyamanan berkendara.

Aprilia SR-GT memakai jantung pacu 174cc i-get, 1 silinder, 4 katup, dengan bore x stroke 61,5 mm x 58,7 mm. Mesin tersebut menghasilkan tenaga puncak 17,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm.

Rasio kompresi mesin ini mencapai 12,5:1.
Dari roda, terdapat perbedaan antara depan dan belakang.

Pada roda depan ban depan Michelin: 110/80-Ring 14 sedangkan belakang ring 13. Memiliki kembangan ban cukup kasar, inilah yang menjadi cocok untuk melibas track Gravel yakni track yang tidak beraspal.

Suspensi Aprilia SR GT-200 sendiri menggunakan Showa, brand shockbreaker asal Jepang dengen teleskopik 33mm dan jarak main 122mm. Memiliki rem yang cakram, kaliper 2 piston plus ABS.

Kendaraan dengan kapasitas tangki 9 liter ini memiliki Windshield yang tinggi sehingga dapat menambah daya tarik adventure dan menahan angin ke tubuh pengendara.

Lampu depan LED yang sesuai dengan karakteristik keluaran Aprilia ini juga dilengkapi dengan 3 lampu. 2 berfungsi sebagai penerangan kanan-kiri.

Sedangkan satunya sebagai notifikasi jarak jauh maupun dekat. Menariknya, pada panel terdapat tombol dengan logo handphone, dimana Aprilia SR GT-200 dapat disambungan dengan aplikasi Aprilia Mia, yang memungkinan pengendara untuk dapat mengatur call management, musik, navigasi dan intercom.

Ada emblem i-get pada mesin Aprilia SR GT 200 yang sama yang disematkan pada Vespa Piaggio, diklaim ramah lingkungan dan irit bahan bakar serta tetap menawarkan performa terbaik.

Sayangnya, Aprilia SR-GT 200 belum dilengkapi dengan sistem kunci keyless. Walaupun sudah ada fitur immobilizer yang bisa mencegah potensi pencurian.

Skutik ini juga sudah dibekali instrumen full digital dan idling stop system. Terdapat tombol mode untuk mengganti informasi perjalanan kilometer dan average konsumsi bahan bakar layaknya kendaraan roda empat.

Redaksi Aftermarketplus.id menilai, Aprilia SR GT-200 layak untuk dijadikan kendaraan harian dan juga adventure. Melihat dari data yang telah disajikan dan performa dual purpose, baik perkotaan maupun track gravel.

Khususnya bagi generasi milenial yang membutuhkan performa mesin yang diiringi dengan berbagai macam kebutuhan.

Model adventure Aprilia dengan bobotnya juga cukup mudah untuk menyalip dan melenggak lenggok di jalanan padat perkotaan.

Konsumsi bahan bakar pun terbilang standar, berkisar 28 km/liter pada jalanan padat/macet hingga 31-32 km/liter pada jalan lancar.

[Sigit Akbar]