Piaggio Group Tahun 2022 Raih Pendapatan Senilai 2 Miliar Euro Untuk Pertama Kali Sepanjang Sejarahnya

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Vespa, brand dengan hubungan dan ikatan relevansi dengan banyak orang di seluruh dunia serta telah dianggap sebagai ikon gaya hidup, resmi menyentuh valuasi lebih dari 1 miliar euro (tepatnya 1,079 miliar euro). Angka tersebut naik 19% dibanding valuasi sebelumnya yang mencapai 906 juta euro pada 2021.

Pertumbuhan valuasi Vespa tersebut merupakan hasil studi terbaru dari Interbrand, sebuah lembaga konsultasi bona fide yang ditunjuk oleh Piaggio Group (PIA.MI), produsen kendaraan roda dua premium terbesar di Eropa dan salah satu pemimpin industri secara global. Studi tersebut juga menunjukkan jangkauan global Vespa akan keunikan, desain, gaya hidup, dan hiburan.

“Istilah ‘ikonis’ mungkin sudah terlalu sering digunakan, tapi itu jadi satu-satunya kata yang sangat tepat untuk mendefinisikan Vespa,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand.

“Vespa tak ubahnya sebuah warisan, namun ia konsisten berevolusi. Lahir sebagai brand klasik khas Italia, Vespa telah dicintai di seluruh dunia. Sebagai brand premium, Vespa juga inklusif untuk semua kalangan. Valuasi kami bukan sekadar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan dari brand yang begitu diimpikan dan diminati ini, tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas-batas mobilitas untuk masuk ke dunia yang baru. Kekuatan dan kesuksesan dari berbagai kemitraan yang dilakukan brand ini pun benar-benar berbicara dengan sendirinya,” imbuh Manfredi Ricca.

Dalam menentukan valuasi Vespa, Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif nan teruji dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif yang dikumpulkan lewat riset pasar secara global yang dilakukan di 10 pasar kunci dari Vespa, meliputi Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India.

Vespa menegaskan dirinya sebagai brand fashion-lifestyle pada kendaraan roda dua yang bergerak menuju masa depan dengan strategi yang jelas, dan telah diikuti serta dicintai oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

Selain itu momentum besar Piaggio Group yang pada 2022 mencatatkan tonggak sejarah dengan meraih pendapatan senilai 2 miliar euro untuk pertama kali sepanjang sejarahnya, tumbuh 25% dibanding tahun sebelumnya.

[AM]