Yamaha Lexi LX 155: Mesin Lebih Bertenaga dengan Inovasi Reduce Mechanical Loss

AFTERMARKETPLUS.id – Yamaha Lexi LX 155, sebagai generasi terbaru keluarga MAXi, tidak hanya mengusung desain yang segar dan fitur canggih, tetapi juga menghadirkan inovasi yang signifikan di sektor mesin.

Perubahan paling mencolok terletak pada peningkatan kapasitas mesin menjadi 155 cc dengan sistem Reduce Mechanical Loss.

Pada acara ‘MAXi Flash Trip’ yang dihelat oleh Yamaha DDS (Direct Distribution System), dijelaskan bahwa salah satu perbedaan mendasar dengan Lexi sebelumnya adalah pada dimensi crankshaft assy yang kini lebih kecil.

Jika pada Lexi 125, panjang kruk as mencapai 283,8 mm, maka pada Lexi LX 155, panjangnya dikurangi menjadi 277,8 mm. Hal ini menjadikan dimensi motor Lexi LX 155 lebih ringkas dibanding pendahulunya.

“Dengan membuat rotor lebih ringan pada Lexi LX 155, secara otomatis kruk as di area rotor akan menjadi lebih pendek. Kemudian, kami menyempurnakan bentuk crankshaft agar seimbang secara kiri dan kanan,” jelas Dodih Sutrisno selaku Instruktur Yamaha DDS2 pada Senin (05/02/2024).

Beberapa perubahan signifikan juga terjadi pada rumah bagi komponen-komponen vital seperti generator, pompa oli, kopling, poros engkol, bantalan peluru, gigi transmisi, dan penampung oli pelumas atau crankcase pada Lexi LX 155.

Penambahan yang mencolok adalah jalur oli tambahan yang langsung menuju hidrolik Tensioner.

Jalur oli tambahan ini memiliki peran penting dalam menciptakan mesin blue core generasi 3 yang minim suara dan getaran.

Jalur ini membuat sistem hidrolik lebih berat, sehingga ketika rantai bergerak, tekanan hidrolik dapat memberikan hambatan yang signifikan.

Hal ini membantu mengurangi gesekan dan akhirnya menghasilkan getaran yang minimal saat mesin beroperasi.

Inovasi pada komponen-komponen tersebut tidak hanya meningkatkan performa mesin, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kenyamanan berkendara.

Mesin yang lebih bertenaga dengan minim suara dan getaran menjadikan pengalaman berkendara dengan Yamaha Lexi LX 155 semakin memukau.

Lexi LX 155 bukan hanya mengandalkan tampilan yang stylish dan fitur canggih, tetapi juga menyelipkan peningkatan kinerja mesin yang menjadikannya pilihan yang sangat menarik di segmen skutik premium.

Sebagai bagian dari upaya Yamaha untuk terus berinovasi, Lexi LX 155 memberikan bukti bahwa kenyamanan dan performa mesin dapat bersinergi dengan harmonis dalam sebuah sepeda motor.

[Aliyyu]