Mulai Servis Berkala Hingga Penggunaan Bahan Bakar, Ini Tips Menjaga Resale Value Mobil Ala Mitsubishi

AFTERMARKETPLUS.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membagikan kiat menjaga resale value atau harga jual kembali sebuah mobil agar tidak anjlok dan tetap tinggi.

Salah satu cara supaya harga jual kembali sebuah mobil di pasaran tetap baik yakni dengan rutin melakukan servis berkala.

Catatan riwayat servis sangat penting karena bisa menjadi tolak ukur kondisi dan performa kendaraan meskipun dalam status bekas.

Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group MMKSI mengatakan, untuk menjaga resale value kendaraan kuncinya terletak pada kualitas produk dan ketersediaan layanan purnajual.

“Untuk memastikan fungsi dari tiap komponen yang ada dikendaraan bekerja secara normal, dibutuhkan pengecekan baik melalui perawatan berkala di bengkel resmi maupun secara mandiri oleh pengguna terhadap kendaraannya,” kata Boediarto.

Ia menjelaskan, dengan melakukan perawatan di bengkel resmi, mobil akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik.

Bahkan menururnya, tak sedikit calon pembeli yang meminta track record dari mobil yang akan dibeli. Riwayat servis ini umumnya bisa diakses di semua bengkel resmi oleh konsumen mobil bekas.

“Calon pembeli mobil bekas, biasanya kerap menjadikan parameter ini untuk mengukur kualitas kendaraan,” jelasnya.

Selain itu, agar sebuah mobil memiliki resale value yang baik pastikan juga kondisi kabin mobil dalam keadaan terawat.

Boediarto menyarankan tiap enam bulan sekali bisa melakukan perawatan interior mobil ke salon mobil.

Ia menambahkan, pemilik juga bisa menjaga umur mesin dan performanya dengan sangat mudah, yakni memastikan kualitas bahan bakar yang digunakan sesuai.

“Dengan menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan di buku manual membuat performa mesin terjaga,” pungkas Boediarto.

[EYD]