Pahami Fitur Kendaraan dari Manual Book

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Manual Book yang selalu menyertai di setiap mobil kerap diabaikan, padahal buku panduan berguna untuk menyampaikan informasi penting pada konsumen. Utamanya fitur dan kelengkapan mengadopsi teknologi dengan perangkat komputer nan canggih.

Manual book disediakan bersama sejumlah produk dalam satu paket. Buku panduan ini berisi informasi sesuai dengan bagian yang terkait dari model atau produk tertentu.

“Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International.

Manual book bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada si empunya saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu. Pengguna dapat mencari informasi tentang fitur terbaru dan terhebat dari suatu produk. Selain itu, bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya.

Perlukah membaca manual book secara keseluruhan? Mungkin tidak perlu. Cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen silahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiensnya. Dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah. Sehingga konsumen tak perlu khawatir jika mendapati masalah di jalan,” tegas Samsudin.

[EYD]