Pembalap TGRI Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka Raih Double Podium Ketiga di Race 1 dan Race 2 Kelas GT4 di Suzuka International Circuit, Jepang

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Seita Nonaka berhasil meraih double podium ketiga di race 1 dan race 2 Kelas GT4 yang berlangsung di Suzuka International Circuit, Jepang (6-7/7/2024).

“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang untuk ketiga kalinya berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah balap touring Jepang. Setelah prestasi juara pertama dan ketiga yang membanggakan di seri sebelumnya, pembalap TGRI bersama Toyota GR Supra GT4 Evo kembali merebut double winner Juara Ketiga Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-3. Semoga pembalap TGRI sanggup mempertahankan performance di seri terakhir nanti untuk mencetak sejarah baru di ajang balap touring regional bagi pembalap Indonesia,” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Balap endurance Japan Cup 2024 Kelas GT4 berlangsung selama satu jam plus satu putaran, dengan menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.

Toyota GR Supra GT4 Evo dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh TGR, menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.

Regulasi yang ketat dan fair memberikan peluang kemenangan yang setara untuk semua pembalap. TGRI berlaga di event yang khusus diselenggarakan di Jepang yakni Japan Cup 2024 yang akan berlangsung dalam 8 seri kejuaraan back-to-back. Setelah meraih dua trophy juara di Fuji International Speedway, TGRI datang ke Suzuka International Circuit dengan penuh semangat untuk menorehkan prestasi yang sama.

Setelah bertarung bersama Kazuhisa Urabe, pembalap Jepang Seita Nonaka kembali mendampingi Haridarma di kompetisi yang semakin ketat. Dengan semangat continuous improvement, engineer TGRI berupaya meningkatkan performa race car meskipun tim belum pernah berlaga di Sirkuit Suzuka.

Di sini peran Seita yang sudah memiliki pengalaman, membantu men-develop GR Supra GT4 Evo dan menjadi mentor bagi Haridarma.

Kedua pembalap menempatkan Toyota GR Supra GT4 Evo di posisi pertama dan ke-4 sesi latihan resmi pertama dan kedua, Kamis (4/7). Tim engineer TGRI berusaha meningkatkan performa race car tersebut dan akhirnya memperoleh lap time terbaik kedua pada kualifikasi pertama dengan catatan waktu 2:13.553, dan terbaik keempat pada kualifikasi kedua dengan catatan waktu 2:12.203, Jumat (5/7).

Haridarma mendapatkan kesempatan pertama untuk berlomba pada race 1 dan diikuti oleh Seita beberapa lap kemudian. Dalam pertarungan yang berlangsung ketat, akhirnya mereka finish di posisi ke-3 dengan total catatan waktu 1:00:32.822.

Meskipun start dari posisi ke-4, Haridarma dan Seita kembali berusaha “Pushing the limits for Better”. Bukan perkara mudah lantaran semua peserta Kelas GT4 memiliki performa kendaraan yang setara. Perlahan, keduanya berhasil naik ke posisi ketiga hingga bendera finish dikibarkan setelah bersaing sengit selama satu jam dengan total catatan waktu 1:01:04.248.

“Saya datang ke Sirkuit Suzuka tanpa ada pengalaman apapun. Kontribusi Seita Nonaka memberikan TGRI kesempatan untuk meningkatkan performa GR Supra GT4 Evo dan saya sendiri belajar banyak dari mentoring-nya sehingga meraih double podium ketiga di Seri ke-3 Japan Cup 2024. Semoga TGRI tidak menemui kendala dan dapat tampil konsisten di seri terakhir Japan Cup 2024 agar dapat mempersembahkan gelar juara Kelas GT4 Japan Cup 2024 kepada GR Enthusiast dan masyarakat pecinta balap mobil di Indonesia,” ujar Haridarma Manoppo.

[AM]