Perkuat Hal Ini, Suzuki Tidak Gentar Hadapi Toyota Avanza dan Xenia Baru

pekik udi irianto | 31 Jan 2019

Full Width Image
AFTERMARKETPLUS.id - Persaingan di segmen Low MPV makin memanas setelah kehadiran duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pasalnya selain tidak dikenakan kenaikan harga, dua produk raksasa itu juga dikenakan diskon khusus untuk memikat konsumen. Hal tersebut membuat pesaing Avanza-Xenia langsung pasang kuda-kuda. Seperti dilakukan PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan menambah fitur Mitsubishi Xpander. Lalu bagaimana dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang juga punya Low MPV, All New Suzuki Ertiga? "Kalau Suzuki dengan All New Ertiga menyikapi kehadiran Avanza Xenia baru, kita masih menjalankan program yang ada dan diskon tentu ada tergantung kebijakan masing-masing diler," buka Harold Donnel, Head of Brand Develpoment and Marketing Research PT SIS. Menurut Harold, Suzuki lebih mengutamakan pembentukan nilai dan kemudahan bagi konsumen saat hendak meminang Ertiga. "Kami lebih mengedepankan value yang kami berikan ke konsumen contoh saat konsumen ingin membeli, kami punya berbagai macam leasing terutama Suzuki Finance yang bisa mengakomodir approval lebih mudah juga rate cicilan dan rate instalment yang lebih kecil," tambahnya lagi. Tidak hanya itu, Suzuki juga masih percaya layanan gratis jasa service bagi Ertiga. "Dari sisi aftersales kita punya gratis free jasa service dan itu terakomodir di All New Ertiga. Total layanan purnajual kami saat ini sudah punya 303 outlet di Indonesia, artinya keberadaan outlet ini sangat mengakomodir pengguna di wilayah-wilayah terpelosok sekalipun," tegas Harold lagi. Fasilitas dan sarana prasarana itulah yang Suzuki utamakan dibanding harus 'kebakaran jenggot' atau membanding-bandingkan produk dan layanan untuk meminang konsumen. Dan beruntungnya lagi, Suzuki mengklaim kalau All New Ertiga punya segmennya sendiri. "Kami punya segmen tersendiri dan setelah kami teliti, para pembeli All New Ertga itu punya uniqueness tersendiri yang istilah kami sebut konservatif modern. Mereka tipikal konsumen konservatif modern memang tidak reaktif terhadap sesuatu. Jadi mereka late responder dan lebih mengedepankan sisi kenyamanan dan keluarga menurut mereka adalah nomer satu," terang Harold lebih jauh. Patut dicatat jika sampai saat ini Suzuki masih puas dan bangga akan produk mereka terbaru All New Ertiga, juga dengan peningkatan pelayanan. "Intinya mobil kami masih bisa offering pelayanan yang paling baik buat keluarga dan hal ini sudah cukup mengakomodir kalau keluarga mereka nyaman di kabin," tutup Harold. [MNR]

#Toyota Avanza #Avanza #Mitsubishi Xpander #PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) #all New Suzuki Ertiga #Daihatsu Xenia Baru #Harold Donnel Head of Brand Develpoment and Marketing Research PT SIS

...
Author : pekik udi irianto > 2894 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment