Rasakan Kecanggihan Fitur ADAS Wuling Almaz dan Beragam Promo Menarik di IIMS 2022

AFTERMARKETPLUS.id – Gebrakan dan inovasi terkini menjadi fokus Wuling Motors (Wuling) yang terlihat dari tema ‘Experience The Next Innovation’ di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Pada pameran tahun ini, Wuling turut berpartisipasi dan membawakan beragam inovasi terkini dalam kendaraan sampai dengan menampilkan platform Global Smart Electric Vehicle (GSEV).

Fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) merupakan salah satu kecanggihan yang disematkan pada flagship SUV Almaz RS ‘Intelligent Digital Car’.

ADAS adalah inovasi yang memberikan kemudahan dan keamanan serta membantu pengemudi dalam berbagai kondisi perjalanan.

Dalam sistem ini, terdapat beragam fungsi yang mendukung kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

Dengan memanfaatkan sensor radar dan kamera, ADAS mendukung fungsi-fungsi bantuan dalam empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic light.

Di dalam kategori Adaptive Cruise, terdapat Adaptive Cruise Control (ACC) yaitu mode jelajah yang menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis untuk menjaga jarak aman.

Kemudian mobil akan melambat secara otomatis saat memasuki tikungan dengan bantuan Bend Cruise Assist (BCA).

Lalu, ada juga Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) yang secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Pada sisi lain, kategori Lane Recognition berperan untuk memberikan peringatan serta secara aktif mengoreksi arah kendaraan terkait lajur marka jalan yang ditangkap oleh kamera ADAS.

Pertama, terdapat Lane Departure Warning (LDW) yang akan memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki.

Lalu, ada Lane Keeping Assist (LKA) yang jika dalam keadaan aktif akan secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Untuk mendukung keselamatan, ADAS turut mencakup kategori Safe Distance & Braking Assistance yang memiliki fitur aktif maupun bersifat peringatan.

Safe Distance Warning (SDW) akan memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Jika terdapat potensi tabrakan depan, Forward Collision Warning (FCW) akan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya.

Kemudian terdapat pula Automatic Emergency Braking (AEB) yang secara otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, dan akan dimaksimalkan oleh Collision Mitigation System (CMS) jika tabrakan tidak dapat dihindari.

Pengemudi juga dibantu oleh Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) untuk menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

Terakhir, terdapat juga kategori Automatic Light dengan fiturnya yaitu Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Dengan demikian, pengemudi dapat berkendara melalui kondisi cahaya yang berbeda-beda saat malam hari tanpa perlu melakukan penggantian mode lampu secara terus menerus.

ADAS melengkapi kecanggihan Wuling Interconnected Smart Ecosystem bersama dengan Internet of Vehicle (IoV) pada Intelligent Digital Car dari Wuling, Almaz RS.

Inovasi ini dapat dicoba langsung di booth Wuling yang berlokasi di hall D, JIEXPO Kemayoran dalam ajang IIMS Hybrid 2022 sampai dengan 10 April 2022. Selain Almaz RS, Wuling juga menghadirkan lini produk lengkapnya termasuk New Cortez, Innovating Comfort Zone serta ragam promo menarik selama pameran berlangsung.

[GLG]

About Gilang Budiman 774 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website