Resmi Tahun Depan Hyundai Produksi Mobil Listrik di Indonesia!

AFTERMARKETPLUS.id – Hyundai memang berhasil menarik perhatian khalayak otomotif Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

Pasalnya sejak bertransformasi menjadi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dan membangun pabrik perakitan yang besar di kawasan Cikarang, produsen mobil asal Korea Selatan ini gencar mengkampanyekan mobil listrik.

Bukan hanya sekedar pamer produk elektrifikasi, Hyundai juga bahkan sudah menjualnya. Meskipun terhambat dengan kesiapan infrastruktur dan lainnya, ternyata respons konsumen Indonesia cukup tinggi.

“Pada November 2020 Hyundai memperkenalkan kendaraan elektrik (EV) Ioniq dan Kona Electric. Sejak saat itu hingga kini tercatat lebih dari 800 mobil listrik Hyundai terjual di Indonesia. Bagi kami pencapaian ini sangat luar biasa. Tidak sedikit konsumen yang membeli mobil listrik dan turut berkontribusi menjaga lingkungan hidup. Tentunya ini juga bagian dari komitmen kami, Progress for Humanity,” ujar Astrid Ariani, General Manager Marketing Department, PT Hyundai Motors Indonesia hari ini (18/12) di sela acara nonton bareng film Spiderman No Way Home di Jakarta.

Bukan hanya memamerkan kesuksesan Hyundai meniagakan kendaraan elektrik, Astrid juga menyampaikan kabar gembira lainnya.

“Kami perlu juga sampaikan hal menggembirakan lainnya, tahun depan di pabrik kami di Cikarang, Hyundai mulai memproduksi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari upaya kami mendukung program pemerintah melakukan percepatan elektrifikasi dan cita-cita besar menjadi pemimpin elektrifikasi di Asia Tenggara,” lanjut Astrid.

Kabar Hyundai bakal memproduksi mobil listrik di Indonesia memang sudah lama dihembuskan. Bahkan ketika itu, Lee Kang Hyun, COO Hyundai Motor Asia yang menyampaikannya langsung.

“Sekitar Maret tahun depan kami akan memproduksi mobil listrik baru dari pabrik di Indonesia,” ujarnya dalam webinar Safer Electric Vehicle yang diadakan oleh Kementrian Perhubungan Fair, akhir Juli 2021.

Memang tidak disebutkan mobil listrik apa yang akan diproduksi di pabrik Hyundai di Indonesia. Meski demikian diprediksi mobil listrik yang akan diproduksi nanti adalah Hyundai Ioniq 5. Mobil ini sendiri sudah pernah dipamerkan dalam pameran The Future of Ecosystem for Indonesia di JIExpo, Kemayoran Oktober lalu.

Mobil yang dikembangkan dari E-GMP (Electric Global Modular Platform) ini diklaim mampu dicas dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Lebih jauh lagi, SUV (Sport Utility Vehicle) electric ini diklaim mampu menjangkau jarak sejauh 480 km sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Hyundai Ioniq 5 sudah dijual di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 600 jutaan.

Benarkan Hyundai Ionoq 5 yang nanti diproduksi oleh Hyundai di Indonesia? Kalau benar, berapa kira-kira harganya nanti? Kita tunggu saja!

[MNR]

About pekik udi irianto 1730 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present