Rocky Hybrid Masih CBU, Daihatsu Tak Tutup Kemungkinan Produksi Lokal

pekik udi irianto | 26 Jul 2025

Full Width Image
Daihatsu Tak Tutup Kemungkinan Produksi Lokal

AFTERMARKETPLUS.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperkenalkan Rocky Hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, yang berlangsung di ICE BSD City, Kamis (24/7/2025). 

SUV compact ramah lingkungan ini ditawarkan dengan harga khusus Rp 293,9 juta selama pameran berlangsung. 

Meski sudah resmi dijual, Rocky Hybrid yang dipasarkan di Indonesia masih berstatus Completely Built Up (CBU) dari Jepang.

Menanggapi kemungkinan diproduksinya Rocky Hybrid secara lokal atau Completely Knocked Down (CKD), ADM masih belum memberikan kepastian.

“Saat ini kami masih CBU dari Jepang. Jadi tidak perlu meragukan lagi kualitasnya karena mesin ini sudah digunakan 130 ribu unit di Jepang sejak tahun 2021,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai rencana CKD atau setidaknya proyeksi ke depannya, Sri Agung tidak menutup peluang.

“Semakin cepat semakin baik,” jawabnya singkat namun memberi sinyal bahwa opsi itu tetap terbuka ke depannya.

Rocky Hybrid dipastikan mulai dikirim ke konsumen Indonesia paling cepat pada November 2025. 

ADM mengakui adanya tenggat waktu distribusi karena harus memenuhi sejumlah proses administratif. 

“Kami menyelesaikan kewajiban kami pada pemerintah termasuk pencatatan kuota impor dan lain-lain, rasanya sih tidak terlalu lama,” terang Sri Agung.

Rocky Hybrid mengusung teknologi hybrid yang memadukan mesin bensin 1.200 cc tiga silinder tipe WA-VEX sebagai generator dengan motor listrik bertenaga 104,6 dk dan torsi 170 Nm yang menggerakkan roda depan. 

Sistem ini didukung baterai berkapasitas 0,74 kWh dan diklaim mampu menempuh jarak 28 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar, berdasarkan standar WLTC (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Cycle).

Di tengah persaingan mobil hybrid yang semakin ketat, terutama dari merek-merek asal Tiongkok, ADM tetap optimistis produk barunya bisa bersaing. 

“Daihatsu sudah beroperasi 47 tahun, kami tidak hanya menjual produk tapi juga menjual experience. Layanan purnajual menjadi salah satu pilar utama kami. Peace of mind menjadi salah satu pilar objektif kami, saya rasa itu yang terpenting,” tutup Sri Agung.

#Daihatsu Rocky Hybrid

...
Author : pekik udi irianto > 2935 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment