
AFTERMARKETPLUS.id – Pada tanggal 24 Februari 1983, Peugeot meluncurkan model 205. Model ini mengukuhkan merek di era modern, baik dari segi produk, pemasaran, maupun olahraga motor.
Kelahiran Peugeot 205 tidak lepas dari kisah Jean Boillot, anggota dewan direksi Peugeot pada tahun 1970-an. Dia datang dengan proyek ambisius sebuah mobil mini. Peugeot 205 bukan hanya sekadar city car, namun mobil multiguna, senyaman di kota seperti di jalan pedesaan, mampu mengangkut keluarga kecil, dan juga terjangkau.
Secara teknis, Peugeot 205 menandakan masuknya Peugeot ke era modern: kompak namun luas, praktis dengan hatchbacknya, efisien dan ekonomis. Secara khusus, ini adalah mobil pertama dari merek tersebut mengadopsi batang torsi di bagian belakang, untuk membebaskan lebih banyak ruang di kompartemen penumpang.
Ini merupakan mobil pertama dengan mesin XU, yaitu XUD7, mesin empat silinder 1.769 cm3 dengan 60bhp, yang menjadikan Peugeot 205 sebagai mobil diesel Prancis kecil pertama dan terutama model diesel kecil pertama yang ditawarkan.
Berikut highlight Peugeot 205
24 Februari 1983: PEUGEOT 205 versi 5 pintu diluncurkan
1984: peluncuran PEUGEOT 205 3-pintu dan PEUGEOT 205 GTI 1.6 105bhp, pemasaran PEUGEOT 205 Turbo 16, kemenangan pertama di Kejuaraan Reli Dunia (Finlandia)
1985: PEUGEOT 205 Turbo 16 adalah Juara Reli Dunia (bersama Timo Salonen), PEUGEOT 205 ke satu juta meninggalkan pabrik Mulhouse
1986: peluncuran PEUGEOT 205 Cabriolet, GTI 115 dan 130bhp, PEUGEOT 205 Turbo 16 adalah Juara Reli Dunia (bersama Juha Kankkunen)
1987: PEUGEOT 205 menerima dasbor baru, PEUGEOT 205 Turbo 16 memenangkan Paris-Dakar
1988: peluncuran PEUGEOT 205 Rallye, kemenangan kedua PEUGEOT 205 Turbo 16 di Paris-Dakar
1989: peluncuran PEUGEOT 205 Roland Garros
1990: sedikit restyling (indikator, lampu belakang…), peluncuran PEUGEOT 205 Diesel Turbo (78bhp)
1993: produksi PEUGEOT 205 GTI dihentikan
1995: produksi PEUGEOT 205 Cabriolet dihentikan1998: PEUGEOT 205 digantikan oleh PEUGEOT 206
[GLG]