SOKONINDO AUTOMOBILE RESMIKAN PABRIK DI SERANG

Foto: aftermarketplus.id

SERANG, AFTERMARKETPLUS.ID – PT Sokonindo Automobile (SOKONINDO) meresmikan pabrik barunya yang berlokasi di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Provinsi Banten (28/11).

SOKONINDO 4Menempati lahan seluas 20 hektar dengan mengusung konsep “Pabrik Unggul” ini didirikan dengan tingkat otomatisasi tinggi, semua proses penting menggunakan robot. Mulai dari pencetakan plat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling) serta proses kontrol kualitas (quality control).

Pabrik Sokonindo dengan kapasitas produksi sampai 50 ribu unit setiap tahunnya ini, menelan investasi sebesar Rp 150 juta dolar Amerika Serikat (AS), dan rencananya akan ditingkatkan sampai 300 juta dolar AS untuk membangun engine plant.

Keseluruhan pabrik Sokonindo telah rampung didirikan pada bulan Mei 2017 dengan teknologi canggih, dan saat ini telah memulai proses produksi kendaraan.

SOKONINDO 2Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile mengatakan, “Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat. Dengan memiliki pabrik yang berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupalkan ‘Smart Factory’ berstandar internasional dengan tingkat kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi.”

Pabrik Sokonindo dirancang untuk memproduksi mobil jenis SUV seperti Glory 580 berkualitas tinggi, selain juga mampu untuk memproduksi mobil MPV serta kendaraan niaga ringan. Selain itu, pabrik Sokonindo akan menjadi basis produksi mobil Indonesia yang akan diekspor ke pasar Asia Tenggara dan seluruh dunia.

Saat ini 90 persen dari tenaga kerja yang ada di pabrik merupakan karyawan Indonesia yang secara terus menerus mendapatkan binaan dan pelatihan agar menjadi tenaga kerja yang ahli di bidang otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal.

Target lainnya adalah untuk menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas dan penjualan. Pabrik Sokonindo ini akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung.

“Angka tersebut belum termasuk sekitar 4.000-5.000 tenaga kerja yang akan terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok komponen kendaraan hingga ke jaringan dealer mobil-mobil kami,” imbuh Alexander Barus.

Zhang Xingming, Sokon Industry Group Deputy Chairman of The Board mengatakan, “Saya percaya investasi ini pilihan yang tepat, serta kami ingin memberikan kontribusi yang besar kepada rakyat dan pemerintah Indonesia.”

SOKONINDO 3PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan manufaktur otomotif hasil joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong, dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia.

Sebelumnya Sokon Group telah menjalin kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation produsen otomotif milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.

“Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo sehingga produk terbaru dengan teknologi terkini di masa datang rencananya akan diperkenalkan di Indonesia untuk pertama kalinya,” ungkap Franz Wang, Marketing Director PT Sokonindo.
[MNR]

About pekik udi irianto 1412 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present