Tips Mudik Agar Mobil Nyaman dan Aman Selama Perjalanan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Libur lebaran 2018 sudah di depan mata, bagi sebagian besar orang Indonesia tentu ini momen penting untuk mudik ke kampung halaman menggunakan mobil kesayangan.

Auto2000 memberikan beberapa tips ringan agar mobil tetap nyaman dan aman dikendarai selama melakukan perjalanan.

1. Tips sebelum menempuh perjalanan.

Servis mobil sebelum perjalanan mudik menjadi syarat utama kelancaran perjalanan. Anda bisa melakukan tune up mobil guna memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima.

Jangan lupa pula untuk memeriksa cairan pendukung kinerja mobil. Seperti oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, washer kaca depan, minyak rem, dan minyak power steering.

Perawatan mobil matic juga dibutuhkan untuk Anda pengguna mobil dengan transmisi otomatis, baik konvensional maupun yang sudah menggunakan transmisi CVT seperti mobil MPV Toyota Sienta.

Luangkan waktu untuk memeriksa kondisi ban, termasuk ban serep. Pastikan pula seluruh perangkat darurat, seperti dongkrak, ada pada tempatnya dan bisa dipakai dengan baik.

Jika tidak mau capek atau repot, Anda bisa mendatangi bengkel dealer resmi terdekat. Untuk mobil Toyota datang saja ke Auto2000. Lakukan dulu booking service untuk memastikan Anda mendapat slot di bengkel dan spare part dapat disiapkan mekanik terlebih dahulu agar pekerjaan servis lebih cepat.

Nah cara yang paling mudah adalah booking servis untuk langsung dikerjakan di rumah atau layanan Toyota Home Servis (THS). Booking THS via website Auto2000 atau aplikasi Auto2000 Mobile. Selain mudah, ada banyak promo menarik yang akan Anda dapatkan di Auto2000.

Untuk Servis Berkala, Gratis 2 Liter Oli bagi Anda yang memesan THS via aplikasi Auto2000. Mekanik datang ke lokasi Anda, Gratis biaya kunjungan, dan Anda tetap nyaman mengerjakan aktivitas lainnya. Pemilik mobil Toyota yang memesan THS juga mendapatkan benefit dari program PRE HOLIDAY CAMPAIGN ini.

Di samping program di atas, Auto2000 juga meluncurkan program lain, yakni AUTO2000 GENERAL AND BODY REPAIR COLLABORATION yang berlaku hingga akhir Desember 2018.

2. Dalam perjalanan

Berkendaralah dengan memegang prinsip safety driving. Jangan berperilaku agresif karena akan merugikan banyak pihak ketika terjadi kecelakaan. Saat ini banyak dibuka jalan tol baru.

Selain itu, banyak jalan arteri baru yang telah difungsikan. Ini membuat Anda punya banyak opsi rute perjalanan. Aplikasi peta navigasi digital dapat dipakai untuk mencari rute perjalanan yang paling pas.

Aplikasi ini juga bisa dipakai saat Anda terjebak macet parah dan ingin mencari rute alternatif. Pastikan Anda bawa kartu e-toll dengan saldo memadai. Bawa 2 kartu e-toll sebagai antisipasi saat salah satu kartu bermasalah, hilang, atau saldonya habis.

Siapkan beragam aplikasi hiburan untuk teman perjalanan. Seperti aplikasi streaming video, games, atau pemutar lagu. Khusus bagi pemilik kendaraan Toyota, Auto2000 juga menyediakan aplikasi Auto2000 FUN berupa game voucher siapa cepat dia dapat.

Pelanggan dengan memilih gambar voucher yang tersedia, bila beruntung maka pelanggan dapat menggunakannya secara gratis. Voucher yang tersedia sangat beragam seperti voucher restaurant, tiket gratis bioskop, voucher belanja, dan masih banyak lagi.

Pastikan pula tangki BBM selalu dalam kondisi full, apalagi kalau Anda memilih rute tol yang panjang. Meskipun menggunakan mobil irit BBM seperti Toyota Agya, tetap jaga volume tangki BBM mobil Anda. Simpan pula nomor telepon darurat untuk membantu Anda saat terkena musibah di jalan.

Seperti nomor telepon kerabat atau nomor kontak Emergency Roadside Assistance (ERA). ERA merupakan layanan hasil kolaborasi antara Auto2000 dengan AstraWorld. Tim ERA siap melayani dan membantu Anda selama 24 jam 7 hari seminggu, ketika mobil Toyota Anda mengalami masalah di jalan.

Nah, untuk mempermudah pengguna mobil Toyota, Anda bisa pakai aplikasi Auto2000 mobile yang di dalamnya terdapat menu Emergency untuk menghubungi call center ERA.

Dalam aplikasi ini Anda juga bisa mencari bengkel resmi Auto2000 terdekat kalau ingin memeriksa kondisi mobil. Bahkan terdapat peta guna menuntun Anda ke sana, langsung tersambung dengan GPS smartphone Anda yang telah diaktifkan.

Selain itu Anda juga dapat mencari posko mudik Toyota Auto2000 yang tersedia sepanjang jalur favorit mudik.

3. Setelah perjalanan

Selesai perjalanan mudik dan liburan bukan berarti Anda bisa meninggalkan mobil kesayangan di garasi rumah begitu saja. Kotoran menjadi musuh utama yang harus segera dibersihkan. Mulai dari bagian luar, bersihkan seluruh area mobil tanpa terkecuali. Termasuk bagian kolong yang kerap terlupakan.

Cobalah periksa perangkat teknis mobil. Seperti kaki-kaki, roda, lampu, dan area ruang mesin. Cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok.

Lanjut ke bagian dalam mobil. Bersihkan seluruh area kabin mobil secara mendetail. Apalagi jika Anda membawa anak kecil dan sering makan di dalam mobil.

Remahan makanan yang tersisa bisa mengundang serangga seperti semut, bahkan tikus. Belum lagi bau tidak sedap yang ditimbulkan.

Jika anda malas untuk membersihkan mobil, tidak perlu repot, Auto2000 menyediakan pula salon mobil.

Sejenak intip odometer mobil. Perjalanan liburan yang panjang bisa saja membuat mobil Anda sudah memasuki masa penggantian oli mesin ataupun transmisi.

Untuk servis berkala mobil Toyota, Anda bisa booking layanan Toyota Home Service (THS) Auto2000 yang bisa melakukan servis berkala di rumah atau kantor, di hari dan jam yang sesuai keinginan Anda.

Layanan yang memanjakan konsumen Toyota ini bisa Anda pesan dengan menghubungi diler resmi Auto2000 tedekat, atau lewat website Auto2000 serta aplikasi Auto2000 Mobile.

[GLG]

About Gilang Budiman 495 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website