TIPS RAWAT MOBIL BERMESIN TURBO

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak mobil dengan bahan bakar bensin yang menggunakan teknologi turbo. Sebut saja Honda Civic, Mitsubishi, Toyota, BMW, Mercedes Benz, Audi, Volkswagen, dan lain-lain.

Sayangnya masih banyak orang Indonesia yang awam mengenai teknologi mesin tersebut, Sehingga ragu saat ingin membeli mobil yang sudah menggunakan turbo di mesinnya .

MESIN TURBO OKEPadahal mesin tersebut lebih efisien dalam penggunaan bahan bakarnya.
Ditambah lagi, mesin-mesin berteknologi turbo saat ini sudah canggih dan mempunyai pendingin yang maksimal. Oli yang digunakan juga menggunakan teknologi terkini.

Sehingga dapat memperpanjang umur turbo. Hal itulah yang membuat turbo timer tidak diperlukan lagi.

Pada edisi ini, Adhi Setiadhy, selaku Aftersales Manager dari PT.Garuda Mataram Motor (Audi dan Volkswagen) akan memberikan tips untuk kita.

“Sebenarnya sistem kerja mesin dengan turbo sekarang sudah lebih canggih sehingga mampu menjaga kerja turbo tetap aman di setiap pengendaraan. Namun ada tips agar turbo bisa berumur panjang,’ ujar Adhi.

Inilah beberapa tipsnya :

1. Perhatikan kualitas dan jumlah oli mesin secara periodik.
Pastikan oli mesin ada pada batas maksimal. Jika oli mesin kurang, suplai oli ke turbo otomatis juga kurang. Hal tersebut dapat memperpendek umur turbo.

2. Ganti oli mesin dengan tipe dan interval yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
Pastikan Anda servis mobil sesuai dengan waktu yang telah ditentukan agar oli tetap dalam kondisi baik. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Biasanya dealer resmi telah menyediakan oli yang paling tepat. Rata-rata oli tersebut mempunyai spesifikasi SAE 5-40 API SM fully synthetic.

LAMPU MESIN NYALA OKE3. Hindari pemakaian mesin dengan perputaran tinggi saat suhu mesin masih dingin.
Pastikan mesin mencapai suhu kerja mesin normal dengan cara mengendarai mobil secara pelan. Jangan langsung melajukan mobil Anda dengan putaran mesin tinggi agar umur turbo lebih awet.

4. Perhatikan indikator lampu check engine di speedometer.
Bila lampu peringatan check engine di mobil Anda menyala, segeralah membawanya ke bengkel resmi. Bisa terjadi beberapa kemungkinan bila lampu peringatan tersebut menyala. Salah satunya karena mesin kekurangan oli.

Berapa biaya yang dibutuhkan jika turbo rusak?
Jika turbo rusak, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti turbo kurang lebih sekitar Rp 30 jutaan tergantung dari merek mobilnya. Tentu biaya tersebut tidak murah. Jadi pastikan Anda merawatnya dengan benar agar turbo berumur panjang. [Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 619 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website