Toyota Hadirkan 6 Model Baru GAZOO Racing di GIIAS 2022

AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan 6 model baru GAZOO Racing sekaligus di booth Toyota Hall 1 dan 2 pada hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung selama 10 hari (11–21/8/2022) di ICE BSD, Tangerang, Banten.

“Sejak kami perkenalkan GR Supra di tahun 2019 lalu, antusiasme masyarakat terhadap model-model GAZOO Racing yang kami terus hadirkan dan lengkapi semakin menguat, dan bahkan menjadi tipe favorit pada line-up kami. Kami bersyukur hingga Juli 2022 kemarin, secara total sudah lebih dari 106.000 unit 8 line-up GR kami menjadi pilihan masyarakat, dimana rata-rata komposisi penjualan ritel tipe GR Sport mendominasi 67%,” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

“Terima kasih kami ucapkan kepada pelanggan atas antusiasme yang diberikan kepada line-up GR kami. Untuk itu, special di GIIAS kali ini kami tidak hanya menampilkan 1, namun 6 model baru GAZOO Racing sekaligus untuk memberikan pilihan lengkap bagi pelanggan,” imbuh Anton.

All New GR86 Resmi Hadir di Indonesia

Salah satu model yang diperkenalkan adalah All New GR86 yang meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports car yang fun to drive. 

Toyota 86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang begitu melegenda di era 1980an, dan kini telah menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia. 

Memiliki desain eksterior yang agresif dan aerodinamis, Toyota 86 juga digemari oleh banyak modifikator di dunia karena sports car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi.

All New GR86 adalah model sports car GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. All New GR86 merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) sehingga memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR dalam memenangi berbagai ajang Motorsport internasional.

Diperkenalkan secara global pada Desember 2021 lalu, sport coupe ini memberikan titik masuk baru ke jajaran GR bagi para penggemar sports car GR di seluruh dunia.

All New GR86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga.

Mesin baru pada All New GR86 memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 CC masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah.

Sehingga, dengan rasio kompresi yang sama yaitu 12,5:1, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, dimana output maksimum meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 rpm menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm.

Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.

5 GR Sport Baru Tampil di GIIAS 2022

Selain itu, hari ini Toyota juga menampilkan Hilux GR Sport yang dibekali dengan mesin 1GD dengan power 37% lebih bertenaga serta suspensi yang lebih rigid.

Kombinasi performa mesin dan suspensi yang mumpuni membuat Hilux GR Sport mampu melibas medan yang paling berat sekalipun.

Lebih dari itu, untuk menghadirkan peace of mind bagi pengemudi kala menempuh medan yang sulit, Hilux GR Sport juga dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Model GR Sport pada Hilux mengusung gaya tough dan sporty pada exterior. Ditandai dengan GR alloy wheel serta GR Sport bar di bagian belakang.

Sementara di dalam, kesan advance dan sporty terasa sangat kental. Penggunaan entertainment system dengan 8” display serta GR sport seat dan penambahan penambahan paddle membuat driver lebih in control meski sedang melibas medan yang sulit sekalipun.

Perpaduan antara interior yang nyaman, exterior sporty, dan performa buas ini lahir dari pengalaman Toyota GAZOO Racing menghadapi bengisnya trek Dakar Rally yang sangat panjang dimana kenyamanan driver serta performa mobil sangat diperhatikan.

Tidak hanya Hilux, Toyota juga menghadirkan Agya GR Sport, Raize GR Sport, Yaris GR Sport dan Fortuner GR Sport dengan beberapa elemen baru yang menguatkan karakter sporty khas DNA GAZOO Racing.

Improvement yang dilakukan pada keempat model GR ini semakin menunjukkan komitmen dalam melakukan pengembangan pada line-up GR Toyota.

Karena improvement yang dilakukan pada model GR bisa dilakukan secara ekslusif tanpa harus melibatkan varian non-GR untuk memberikan excitement kepada para pelanggan dan GR Enthusiast di indonesia.

Kiprah TOYOTA GAZOO Racing di Ajang Motorsport

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) secara resmi didirikan pada tahun 2015. Namun sebenarnya jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman, mengitari sirkuit pegunungan sepanjang sekitar 20 km dengan kontur jalan berliku, naik-turun, beraspal mulus dan beton, disertai cuaca tidak menentu.

Karyawan Toyota yang bergabung sebagai pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan nonstop selama 24 jam mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200.

Berkat semangat dan tekad yang kuat, tim berhasil menyelesaikan balapan. Pencapaian ini menggambarkan bagaimana TOYOTA GAZOO Racing didirikan dengan semangat menghadapi tantangan, yang bertujuan untuk memulai perubahan.

Sejak itu, TGR konsisten berpartisipasi diberbagai ajang motorsport dunia, dengan fokus utama di World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally. Bermodalkan semangat Pushing The Limits for Better, TGR berhasil mencatatkan prestasi gemilang di ketiga ajang motorsport ini.

Pada ajang Dakar Rally, TGR berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Dakar Rally Winner di tahun 2019 dan 2022.

Lalu di ajang WEC, TGR berhasil meraih gelar juara Manufacturer dan Driver Championship dari tahun 2018 hingga 2021. Dan di WRC, secara total Toyota telah memenangkan gelar juara selama 9 tahun.

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present