Toyota Rangga Pakai IMV, Platform yang Sama dengan Hilux & Fortuner!

AFTERMARKETPLUS.id – Meski baru akan diluncurkan pada 2024 mendatang, konsep Toyota Rangga telah diperkenalkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) di berbagai pameran otomotif nasional hingga global.

Terakhir, konsep mobil komersial ini mejeng di Japan Mobility Show (JMS) 2023.

Menariknya, Toyota Rangga ini dikonfirmasi Anton Jimmi, Direktur Pemasaran TAM akan menggunakan platform yang sama dengan Hilux, Fortuner hingga Innova.

“Enginenya nanti pakai platform IMV, artinya nanti ada (kode) TR Enginde dan GD Engine,” jawab Jimmi kepada aftermarketplus.id pada pameran GIIAS 2023 lalu.

IMV merupakan bagian dari proyek global di bawah naungan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) dimana Toyota Rangga kerap disebut sebagai IMV-0, garapan Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) yang kantornya di Thailand.

Hadirnya Toyota Rangga, menurut Jimmi akan memperkuat kendaraan segmen niaga di Indonesia.

Sesuai dengan namanya ‘Rangga’ yang berarti pahlawan dalam bahasa Jawa, Jimmi berharap kendaraan ini akan membantu bagi para pelaku usaha dengan memberikan solusi tepat guna yang dapat diandalkan dan berkelanjutan.

Tentunya, dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

“Toyota Rangga akan mengisi tipe kendaraan di bawah Hilux dan harganya 200 jutaan,” jelas Jimmi.

Aftermarketplus.id memantau, Toyota Rangga kerap hadir dengan berbagai konsep yang sudah matang dalam pameran otomotif.

Mulai dari kendaraan Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charge Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car sebagai contoh konversi dari Rangga Concept.

Hal tersebut menegaskan bahwa Toyota Rangga menjadi kendaraan yang fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha.

Selain itu, kendaraan ber-DNA Kijang Pick Up ini menggandeng para karoseri lokal dan industri pendukungnya yang turut menciptakan inovasi yang lebih baik.

[Sigit Akbar]