AFTERMARKETPLUS.id - Media online otomotif, Otohub.co gandeng Dr. Tri Yuswidjajanto Zaenuri selaku pakar Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Institut Teknologi Bandung (ITB), melakukan pengukuran Research Octane Number (RON), menggunakan alat Oktis-2 di Sentul, Jawa Barat (21/3/2025).
Metode pengetesan dilakukan untuk 12 sampel bensin RON 90, 92, 95 dan 98 aneka merek dari SPBU di Jakarta.
“Pengujian ini sekaligus membuktikan apakah pengukuran RON Bensin dengan Oktis-2 tersebut akurat atau tidak,” ujar Billy Riestianto, Editor In Chief Otohub.co.
Hal tersebut juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pengukuran RON yang benar.
Disiapkan dua alat ukur Oktis-2 untuk perbandingan pengukuran.
“Terbukti dalam satu bahan bakar ada hasil RON sama tapi ada juga yang berbeda. Jadi secara prinsip alat Oktis-2 tidak terlalu stabil atau akurat,” jelas Dr. Tri Yuswidjajanto Zaenuri.
Oktis-2 diseting berdasarkan acuan pengukuran Rusia atau Eropa (PYC). Karena standar Rusia dan Eropa menggunakan standar RON seperti di Indonesia. Alat ini juga bisa diseting untuk standar Amerika (USA), namun standarnya AKI atau Anti Knocking Index.
AKI merupakan rata-rata dari penjumlahan MON (Motor Octane Number) dan RON. MON lebih rendah sekitar 6 – 12 poin dibanding RON, sehingga AKI lebih rendah 3 – 6 poin di bawah RON. Standar ini berbeda dengan Indonesia.
Lewat mencelupkan pipa ke dalam sampel bahan bakar otomatis alat membaca sifat dielektrik dari cairan bahan bakar.
Ada 3 kali pembacaan data pengukuran. Hasilnya semua angka yang dikorelasikan dengan RON adalah di atas angka klaim yang dibuat oleh produsennya.
Sebetulnya alat ini mengukur sifat dielektrik dari senyawa bahan bakar, hanya saja dikorelasikan dengan RON.
“Alat ini tidak mencerminkan kondisi sebenarnya karena tidak ada pembakaran. Definisi RON adalah ketahanan bahan bakar untuk tidak terbakar dengan sendirinya di bawah
tekanan dan temperatur yang tinggi (detonasi). Untuk mengetahui RON yang tepat harus dites dengan CFR engine di 600 RPM,” imbuh Dr. Tri Yuswidjajanto Zaenuri.
Saat bersamaan juga diuji RON sampel bahan bakar sejenis di laboratorium independen menggunakan Coordinating Fuel Research (CFR) Engine. Pengujian sesuai standar metode American Society for Testing and Material (ASTM) D2699.
Seluruh proses pengujian divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi.
Rangkain pengukuran berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam dan diuji langsung oleh operator yang memiliki sertifikat.
#Uji RON Gunakan Alat Oktis 2 #RON

Author : Gilang Budiman > 1811 Articles
Gilang Budiman merupakan lulusan jurusan Ekonomi S1 Universitas Indonesia dan jurusan Business S2 Universitas Binus International yang memulai karir dibidang otomotif sejak;
- 2002 : Komunitas Honda Civic Indonesia
- 2009 : Komunitas BMW CAR CLUB OF INDONESIA
- 2011: Wartawan Auto Bild Indonesia
- 2014 : Komunitas Mercedes Benz Club Indonesia (NECI)
- 2015: Senior Reporter Otodriver
- 2016: Senior Editor Aftermarketplus
List Comment
No Comment