Wow, Belanja Iklan TV Selama IIMS 2019 All New Nissan Livina Gelontorkan Rp 12,44 Miliar

AFTERMARKETPLUS.id – Hingar bingar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 baru saja berlalu (25 April – 5 Mei 2019).

Nah,pada periode IIMS 2019 belanja iklan televisi di sektor otomotif, mobil dan motor tercatat mencapai angka yang cukup fantastis, yaitu Rp 49,14 miliar.

Namun angka tersebut dibandingkan dengan belanja iklan pada periode IIMS 2018 mengalami penurunan sebesar 37,30% dari belanja iklan pada yang mencapai Rp 78,70 miliar.

Penurunan ini bisa jadi disebabkan faktor berhati-hatinya para pelaku industri otomotif dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk dan penantian terhadap hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2019) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penurunan belanja iklan televisi IIMS 2019 ini bisa dimaklumi juga apabila merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) kuartal I-2019 menunjukkan penjualan mobil secara wholesale turun 13,07% year on year (yoy) dari 292.031 unit menjadi 253.863 unit.

Untuk kategori brand dengan dana belanja iklan tv terbesar pada IIMS 2019, All New Nissan Livina mengeluarkan belanja tertinggi dibandingkan dengan merek lainnya, yaitu mencapai Rp 12,44 miliar.

Jika dilihat dari jumlah (kuantitas) iklan otomotif, selama periode IIMS 2019 terdapat 1.574 iklan atau turun 41,66% dari total iklan pada IIMS 2018 yang tercatat sebanyak 2.698 iklan.

Untuk brand yang paling banyak beriklan di televisi pada periode acara IIMS 2019 adalah All New Nissan Livina dengan total 537 iklan.

[EYD]