Wuling Almaz RS Bisa Diperintah Lewat Smartphone

AFTERMARKETPLUS.id – Wuling Motors setelah memperkenalkan Wuling Almaz RS kepada awak media di Ancol, Jakarta Utara pada Kamis 18 Maret 2021, meski baru diluncurkan, namun Almaz RS sudah bisa dipesan melalui jaringan diler Wuling.

Menariknya ubahan Almaz RX bukan hanya terdapat dari bagian ekterior, melainkan banyak fitur canggih didalamnya seperti adanya WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem) yang sudah terintegrasi ADAS (Advance Driver Assistance System).

Untuk bisa mengaktifkan WISE, pemilik harus bisa mengoperasikan atau mengetahui kondisi mobil melalui smartphone. Caranya Anda harus mendownload aplikasi my Wuling di App Store, setelah itu aplikasi akan menghubungkan mobil dengan smartphone.

Selanjutnya mengisi data diri seperti masukan alamat email, nomor mesin serta nomor rangka untuk bisa langsung terhubung ke Almaz RS, setelah ini pemilik bisa langsung mengakses mobil melalui layer smartphone.

Semua aktifitas mengakses smartphone ke Almaz RS harus didukung dengan jaringan internet yang mumpuni, karena akan tergantung jaringan atau provider yang digunakan, asyiknya bisa menghidupkan mobil dari jarak manapun selama semua akses masih di dalam koneksi internet.

“Jika pemilik mobil pergi keluar kota, melalui aplikasi mesin mobil bisa dinyalakan, menghindari aki drop jika jarang digunakan dalam waktu yang lama, bisa diseting mesin mobil mau dinyalakan jam berapa dan hari apa saja,” terang Suhendri Laiman, Product Planning Wuling Motors.

Almaz RS dengan kapasitas mesin 1.500cc turbo, bisa dihidupkan melalui aplikasi sekaligus AC, sehingga saat parkir di bawah terik matahari, Anda bisa mendinginkan kabin sebelum menaiki mobil.

Suhendri Laiman menambahkan, AC bisa hidup, kalau mesin sudah dinyalakan, mesin tidak bisa dinyalakan dari aplikasi kalau pintu mobil belum terkunci, meskipun sudah tertutup. Aplikasi yang sangat menarik seperti sistim keamanan dengan pagar elektronik atau Geo-fencing yang berfungsi untuk bisa memberitahukan mobil keluar dari lokasi parkir yang sudah ditentukan radiusnya.

Maksud dari radius mobil keluar parkir terakhir, bisa ditentukan hingga beberapa meter bahkan sampai kilometer, misalnya mobil keluar parkir dari jarak radius yang sudah di tentukan, maka smartphone akan ada informasi, artinya mobil sudah dibawa keluar dari radius yang sudah ditetapkan.

Fitur canggih lainnya bisa diakses dari WISE melalui jaringan internet, untuk bisa menghubungkan smartphone ke head unit. Jika sudah terintegrasi, pemilik bisa mengakses sistim navigasi melalui layer head unit Almaz RS yang berukuran 10,4 inci.

Almaz RS sudah dilengkapi dengan fitur perintah suara atau WIND (Wuling Indonesian Command), maka Anda hanya perlu menyebut tujuan yang ingin dihampiri. “Halo Wuling, SPBU terdekat ,” contoh ucapan kami.

Kemudian di layar head unit tersebut menampilkan deretan stasiun pengisian bahan bakar yang dekat denga lokasi Anda. Sistem GPS akan mengarahkan tempat pengisian bahan bakar yang sudah dipilih secara online, bukan offline.

Selanjutnya mencoba membalas pesan singkat di Whatapp melalui perintah suara saat smartphone terhubung ke head unit, karena pintar teknologi tersebut maka membalas pesan singkat akan sesuai suara yang di dengarnya.

Fitur lain yang bisa diakses dengan kombinasi WISE, dan WIND bisa memerintahkan wiper untuk menyala saat hujan turun, mengatur suhu ruangan, membuka sunroff, membuka jendela dan lain-lain.

Hal yang menarik lainnya dapat mengakses musik secara online, melalui aplikasi di layar head unit dan bisa mengupadate otomatis selagi jaringan internet di gawai Anda tersedia.

[Angga Marsanto]