Ini Dia Innova Tercepat dari ICRT Garapan Garage Autowerks

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah beberapa bulan vakum dari kegiatan balap, Minggu ini (5-7/4) Innova Community Racing Team (ICRT) beraksi di lintasan sirkuit International Gelora Bung Tomo dalam ajang Drag Series di Surabaya.

Menurunkan 3 pembalap andalannya, yaitu om Chiang, om Hendra Wijaya dan om H. George, ICRT berhasil juara 5 di bracket waktu 10 detik dengan waktu 10.337 detik atas nama om H. George.

Untuk om Hendra wijaya, walaupun beliau tidak mendapatkan juara karena break out, tapi berhasil memecahkan record All New Innova tercepat di lintasan 201m dengan waktu 9.923 detik.

Penasaran dengan rahasia apa yang tersembunyi di Innova tercepat ini ? Simak ulasannya.

“Karena Innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan performance part-nya, dan masih harus trial and error part mana yang cocok,” ujar om Chiang, tuner ICRT dari Garage Autowerk – Bandung.

Selain itu, ternyata biaya yang dikeluarkan cukup menguras dompet, untuk membangun 1 unit ANKI seperti ICRT membutuhkan sekitar Rp 60-75 juta dan menghabiskan waktu sekitar 6 bulan.

Di sektor mesin, turbo VNT standar diganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2.2 bar dari sebelumnya 1.2 bar.

Header custom equal length buatan Garage Autowerks untuk mengakomodasi turbo yang sudah diganti. Tidak ketinggalan air filter diganti dengan produk aftermarket berbahan cotton dari K&N dan box filter diganti dengan box custom berbahan alumunium.

Lanjut dengan penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo.

Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal sudah selesai, tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remap dan pemasangan piggyabck monstermax dari ECUshop sehingga mesin bisa bekerja lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah di lakukan.

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, supaya mobil lebih mudah di kontrol dan dikendarai, per standar diganti merk Eibach, shock IMB 2 way adjuster, velg ROTA grip ukuran 8.5 – 9.5 dengan ban bagian depan ukuran 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 TOYO T1s.

Setelah berhasil menaikkan tenaga, jangan lupa pasang beberapa info meter untuk mengetahui kondisi mesin, agar mesin tetap terjaga dan kita bisa antisipasi kemungkinan mesin jebol.

Seperti yang di lakukan Garage Autowerks di Innova ICRT, dengan memasang Bost meter, EGT meter, Oil Pressure meter dan Oil temperature meter, semua keluaran autometer. Tidak ketinggalan pemasangan turbo timer dari portman.

Di sisi Exterior, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat. Kap mesin perlu diganti dengan carbon hood custom buatan Garage Autowerks.

Selain tampilan terlihat lebih “racing look”, bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

Nah, pengen Kijang Innova nya secepat punya punggawa Innova Community Racing Team, silahkan mampir ke Garage Autowerks di Bandung.

[GLG]

About Gilang Budiman 976 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website