Ini Dia Drone Tahan Air

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Drone dikenal tidak dapat dioperasikan saat hujan ataupun di area berair. Namun kini hadir drone tahan air, yaitu Swellpro Splash Drone 4.

Swellpro Drone dirancang khusus tahan air tawar, air hujan, air laut dan sangat cocok untuk diterbangkan dalam segala cuaca. Keunggulan ini menjadi pembeda dengan drone lain yang diperuntukkan terbang di atas daratan. Meskipun ada drone lain yang tahan air, tetapi memiliki ukuran yang besar sehingga kurang praktis.

Walaupun drone terbang dalam keadaan basah, drone tetap aman dan tidak terjadi konslet. Percikan air maupun pasir bisa saja masuk lewat sela-sela propeller. Beberapa aktivias yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan drone swellpro Splash Drone 4 antara lain videografi air, pengambilan sampel air, investigasi pencemaran lautan hingga mendeteksi keberadaan ikan untuk kegiatan memancing.

Berikut beberapa keunggulan Swellpro Splash drone 4 ini antara lain:

Material Body Tahan Air

Material body menggunakan bahan khusus yang mampu menahan masuknya air ke bagian dalam drone. Material ini pula dipasang ke body remote yang membuatnya tahan air juga. Rasa khawatir masuknya air lewat propeller pun bukan menjadi masalah bagi swellpro splash drone 4.  Lebih dari melindungi body, material yang digunakan juga membuat drone dan remote dapat mengapung di air. Akan memudahkan bagi pilot drone dengan kemampuan ini sehingga bisa lebih fokus ke misi penerbangan. Seandainya remote jatuh ke air, tinggal ambil saja karena bisa mengapung dan terlindung dari korsleting.

Land / Take off Everywhere dan Power Flip

Karena material yang digunakan tersebut, swellpro splash drone 4 bisa diterbangkan dari permukaan air. Kemampuan yang tidak bisa dimiliki drone tahan air lain. Sehingga akan memudahkan misi penerbangan ketika sedang perjalanan di kapal.

Semisal pilot drone berada di kapal yang kecil. Proses pendaratan drone akan lebih leluasa dengan kemampuan landing di permukaan air. Karena secara otomatis drone akan mengambang.  Seandainya drone mendarat dengan posisi terbalik di permukaan air bagaimana? Fitur bernama power flip lah yang bisa membalikkan kembali posisi drone ke semula. Ketika drone terbalik, tinggal tambah power saja lalu drone akan ke posisi semula siap terbang.

Kamera dan Payloads

Lantas bagaimana dengan kameranya? bukan masalah, karena disertakan juga kamera waterproof. Terdapat empat jenis kamera waterproof dengan berbagai kemampuan untuk digunakan berbagai misi perairan. Dari kamera yang menawarkan kualitas 4K sampai Nightvision dengan besaran sensor beragam.

Selain itu, swellpro splash drone 4 bisa digunakan sebagai drone industri. Keperluan payloads untuk misi perairan disediakan dengan mampu membawa beban 2 kilogram. Tersedia empat jenis payloads untuk kebutuhan penelitian sampai penyelamatan. Satu hal yang menarik ialah drone ini bisa terbang membawa payloads sekaligus kamera.

Fitur Mumpuni

Kemampuan fisik drone yang memukau turut serta dengan fitur terbang yang dimiliki. Pilot drone bisa lebih mudah untuk pengambilan gambar sampai misi. Ada lima fitur yang pilot bisa gunakan untuk mempermudah penerbangan.

Dimulai dari fitur take off untuk membuat drone terbang secara otomatis. Selanjutnya, fitur orbit mode yang membuat drone secara otomatis terbang mengeliling objek. Fitur mission planning bisa memudahkan pilot untuk mengatur jalur terbang drone di layar remote. Selain ketiga itu, ada fitur return to home dan follow me.

Spesifikasi umum Swellpro Splash Drone 4:

  • Standar Waterproof drone      : IP67
  • Standar Waterproof Remote : IP66
  • Jangkauan terbang     : 5 Kilometer
  • Durasi Terbang           : 30 Menit
  • Baterai                         : 6600 mAh jenis LiPo
  • Kamera                       : Compatible 4 Kamera
  • Payloads                     : Up to 2 kilogram
  • Berat                           : 2.18 kg

[MNR]

About pekik udi irianto 1908 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present