Biaya Family Trip Mandalika Journey… Sangat Terjangkau Lho!

AFTERMARKETPLUS.id – Liburan menjadi cara terbaik untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas keseharian. Family Trip Mandalika Journey menjadi solusi untuk mengisi liburan keluarga menuju pulau Lombok. Tak perlu menggunakan pesawat, namun perjalanan ini memanfaatkan infrastruktur yang telah ada saat ini.

Tol Trans Jawa dan Tol Laut merupakan solusi terbaik untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Start dari Jakarta menuju kota Surabaya, kini dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat, yakni berkisar 11 jam dengan biaya tol sebesar Rp 738 ribu.

Tidak hanya menghemat waktu tempuh hingga 9 jam lebih singkat, jika dibandingkan dengan rute tanpa tol untuk menempuh jarak sekitar 800 km ini, namun juga mampu menghemat penggunaan bahan bakar di kendaraan.

Melaju dengan kecepatan konstan tentu akan mereduksi debit bensin yang masuk ke ruang bakar.

Catatan kami, konsumsi BBM untuk mobil bermesin 1.500 cc – All New Honda BR-V – mampu mencatat angka 14,8 km/l. Artinya, kami hanya memerlukan sekitar 54 liter bensin untuk perjalanan dari Jakarta menuju kota Surabaya, Jawa Timur.

Jika dikonversikan dengan harga bensin subsidi Pemerintah (Pertamax @12.500/liter), All New Honda BR-V ini hanya memerlukan biaya bahan bakar senilai Rp 674 ribu.

Apalagi jika menggunakan bensin Pertalite yang memiliki angka oktan minimal (RON90) yang diperlukan untuk mesin Honda ini. Tentu kian murah lagi, meski kami tidak merekomendasikan dalam kondisi saat ini ya

Wisata rest area juga dapat dilakoni dalam perjalanan ini, terutama rest area 456 Salatiga, Jawa Tengah yang menawarkan kemewahan ala mall yang dipadu dengan pemandangan indah serta kuliner khas masakan Jawa Tengah.

Tentu hal ini tak akan ditemukan saat Anda menggunakan moda transportasi pesawat kan?

WISATA KAPAL
Tak hanya kenikmatan kuliner, wisata kapal pun dapat kita rasakan dalam Family Trip Mandalika Journey ini.

Sejak diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) – Sandiago Salahuddin Uno – pada 18 Desember 2021, KM Kirana VII yang memiliki rute Surabaya – Lombok menjadi daya tarik.

Mulai beroperasi pada Januari 2022, fasilitas yang ditawarkan KM Kirana VII sungguh menggoda dan memberi kenyamanan lebih untuk perjalanan keluarga.

Mulai dari proses pembelian tiket yang dapat dilakukan secara online via aplikasi, tentu sangat memudahkan konsumen.

Harga tiket untuk orang dewasa adalah Rp 160 ribu, sedangkan anak-anak Rp 110 ribu – harga ini sudah termasuk makan 2x ya…

Untuk kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 2.000 cc dikenakan harga tiket senilai Rp 1,3 juta. Total biaya perjalanan via Tol Laut ini berikut pajak dan lainnya adalah Rp 2,238 juta untuk 4 orang dewasa dan 1 anak serta kendaraan.

Setelah pembelian via aplikasi berhasil, Anda akan menerima barcode yang akan di-scan petugas saat hendak masuk ke kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Hal ini sangat memangkas waktu masuk ke kapal.

Setiap orang akan diberikan gelang sebagai tanda penumpang kapal Kirana VII.
Rute melewati jembatan Suramadu, menjadi daya tarik tol laut ini. Plus, rute kapal yang selalu menyisiri pulau Jawa – Bali, sehingga sinyal selular cenderung bisa ON sepanjang wisata kapal ini.

Belum lagi dengan kebersihan yang menjadi poin terpenting saat perjalanan bersama keluarga.

Fasilitas tempat tidur, cafetaria dengan harga terjangkau, hiburan music dan TV serta ruang ber-AC kian membuat nyaman wisata kapal ini.

Tak hanya itu, tempat bermain anak, olah raga hingga laundry, juga tersedia lho! Alhasil, lama perjalanan 21 jam terasa singkat hingga akhirnya kami berlabuh di Pelabuhan Lembar, Lombok.

KESIMPULAN
Jika ditotal, biaya perjalanan dari Jakarta – Lombok via jalur darat dan laut ini sebesar Rp 3,65 juta atau Rp 730 ribu / orang. Biaya ini tentu di luar biaya makan, penginapan dan pengeluaran lainnya yang bersifat pribadi ya…

Jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat yang harganya sekitar Rp 1 juta / orang, hal ini juga belum termasuk biaya transport dari rumah ke bandara, tentu pilihan wisata darat + laut ini jauh lebih murah dan menarik, meski waktu tempuhnya menjadi lebih lama.

Apalagi saat di Lombok, perlu tambahan biaya sewa mobil untuk transportasi selama pelesir di pulau Lombok.

Tertarik untuk pelesir seperti perjalanan keluarga kami ?

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 268 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )