Ini Tipsnya Biar Modul ABS di Nmax dan Xmax Gak Error

AFTERMARKETPLUS.id – Tidak sedikit kendala ABS (Anti-Lock Brake System) gagal bekerja alias error terjadi di Yamaha Nmax dan Xmax usai motor berusia 3 tahun. Indikator ABS di panel instrumen pun akan menyala sebagai tanda sistem tidak bekerja.

GANTI CAIRAN REM BERKALA

Sifat higroskopis dari cairan rem (brake fluid) akan mengikat air di udara yang memiliki kelembaban tinggi seperti di Indonesia. Jika brake fluid jarang diganti, maka kandungan air akan banyak di dalam sistem rem.

Nah, Sobat pasti tau kan kalo air akan menjadi penyebab karat saat bertemu dengan logam. Hal inilah yang membuat modul ABS akan malfungsi akibat terkontaminasi oleh air pada sistem rem. Untuk itulah, cairan rem perlu diganti setiap 10.000 km atau 1 tahun sekali.

ABS SERING DIGUNAKAN

Modul ABS pada Yamaha Nmax dan Xmax berisikan motor yang akan memompa dan melepaskan tekanan cairan rem yang menuju kaliper rem berdasarkan sensor di roda.

Nah, jika modul ABS jarang bekerja, maka otomatis dapat membuat motor di dalam modul akan rentan macet sehingga membuat ABS gagal bekerja.

“Harga modul ABS cukup mahal lho! Untuk meminimalkan kerusakan, pemilik motor perlu sering mengganti brake fluid agar kandungan air di sistem rem semakin minim. Selain itu, ABS juga perlu dibuat bekerja secara berkala agar endapan air tidak menjadi titik karat yang dapat menggagalkan kerja motor ABS,” terang Taqwa SS, punggawa Garden Speed (10/9/2022).

Untuk membuat ABS bekerja, Sobat hanya perlu berkendara di jalan berpasir dengan kecepatan rendah. Jika tuas rem bergetar saat tarik mendadak, bertanda ABS telah bekerja.

Jadi jangan lupa dengan dua tips penting ini yaa… jika gak mau merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti modul ABS.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 276 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )