NGK Bikin Busi Premium Khusus Mesin Toyota… NGK Laser Iridium…

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Beberapa waktu lalu (24/3) PT NGK Busi Indonesia merilis busi khusus mesin Toyota berlabel NGK Laser Iridium. Apa sih keunggulannya? Seperti kita tahu bahwa penjualan produk Toyota di Indonesia menguasai hingga 31,9% di tahun 2020.

Hal ini tentu cukup menggiurkan bagi produsen spare part untuk merilis produk yang dirancang khusus untuk tipe tertentu, tak terkecuali PT NGK Busi Indonesia. Setelah tahun lalu merilis NGK G-Power untuk mesin-mesin Toyota berkode NR, kini PT NGK Busi Indonesia merilis Laser Iridium untuk mesin serupa.

Alhasil, khusus mesin berkode NR di lini produk Toyota kini memiliki dua pilihan produk dari busi aftermarket NGK. Pilihan mesin NR merupakan pilihan mesin yang paling banyak digunakan oleh Toyota di Indonesia, seperti untuk mesin Avanza/Xenia, Agya/Ayla, Calya/Sigra, Rush/Terios, Yaris, Vios dan Sienta.

“Tim riset dan pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang, telah mendesain sebuah busi varian baru yaitu Laser Iridium dengan part number ILKAR6B11. Busi ini sangat istimewa, karena diciptakan secara khusus agar dapat bersinergi dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine seperti Avanza, Sienta, Yaris, Rush, dan lainnya. Hal ini atas permintaan pasar yang cukup besar untuk busi dengan performa tinggi bagi mobil mereka” ungkap Takashi Shimizu, GM Sales & Marketing NGK Busi saat virtual launching.

NGK Laser Iridium Busi premium ini dirancang dengan mengadopsi material logam mulia pada center dan ground elektrodanya. Alhasil, NGK Laser Iridium ini memiliki titik nyala listrik yang fokus dan memiliki usia pakai hingga 100.000 km. Apalagi, NGK Laser Iridium memiliki fitur self cleaning sehingga performa busi akan tetap terjaga.

“Dari sisi performa, elektroda pusat Iridium yang kami gunakan berukuran lebih tipis daripada busi bawaan mobil-mobil ini, agar proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat sehingga performa kendaraan pun meningkat. Selain itu, berkat hasil pembakaran yang optimal setelah menggunakan busi ini, maka otomatis emisi gas buang yang dihasilkan akan menjadi lebih rendah sehingga sang pemilik mobil dapat turut berkontribusi positif dalam menekan angka polusi”, terang Diko Oktaviano sebagai tim teknis NGK Busi Indonesia. 

Busi yang dijual dengan harga Rp 180 – 200 ribu per piece ini memiliki center electrode berbahan Iridium dan ground electrode Platinum. Kombinasi ini dirasa cukup untuk memberikan performa terbaik dan mampu memberikan daya tahan serta emisi gas buang yang lebih baik. 

Jika dibandingkan dengan harga busi standarnya, yang berada dikisaran Rp 240 ribu per piece, NGK Laser Iridium masih lebih murah dan memiliki performa yang baik untuk mesin. Artinya, Sobat OtoPintar dapat berhemat kan?

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 248 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )