Review : Aditif Bahan Bakar VeloZee di Yamaha NMax. Bahan Nabati Bikin Tenaga Mesin Meningkat…

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Satu lagi kreasi anak bangsa, aditif bahan bakar berlabel VeloZee. Aditif bahan bakar ini terbuat dari ekstrak bahan nabati, yakni minyak sereh.

Beragam penelitian telah dilakukan, bahkan menjadi salah satu materi skripsi di Universitas Negeri Semarang tahun 2019. Salah satunya adalah kandungan pada ekstrak minyak sereh ini memiliki kadar oksigen yang tinggi saat dicampurkan dengan bahan bakar. 

Dengan kandungan oksigen meningkat, secara otomatis akan menyempurnakan pembakaran di dalam ruang bakar sehingga tumpulan karbon akibat bensin gagal terbakar akan semakin sedikit. 

Untuk itu, OtoPintar pun tergelitik untuk mencoba aditif bahan bakar di Yamaha NMax. Bermodalkan bensin dengan standar RON90 yang dijual umum diberagam SPBU milik Pertamina, OtoPintar pun mencampurkan 2 tube VeloZee ke dalam tangki bensin berkapasitas 10 liter ini. 

Saat merasakan impresi berkendara, perubahannya cukup instan. Kemampuan akselerasi terasa meningkat setelah beberapa saat VeloZee dimasukan ke dalam tangki bahan bakar. Impresi serupa pun turut dirasakan oleh beberapa teman-teman OtoPintar yang turut menggunakan VeloZee ini di besutannya. 

DYNOTEST
Biar apa yang dirasakan bukan sekadar sugesti belaka, OtoPintar pun menantang Handojo selaku pemilik brand VeloZee untuk menguji dengan metode dynotest.

Dengan metode ini, maka perubahan peningkatan power mesin akan lebih mudah terdeteksi dengan data yang valid alias bukan sekadar impresi berkendara saja yang besar kemungkinan berlandaskan sugesti belaka. 

Pengujian dyno ini menggunakan milik Farm Tuning di bilangan Lebak Bulus, Jakarta. Mainline DynoLog Chassis ini terkenal pelit angka, jika dibandingkan dengan beberapa jenis dyno meter lainnya. 

Pada percobaan pertama, tentu Yamaha NMax hanya menggunakan bensin jenis Pertalite. Hasilnya, tenaga makasimal sebesar 12.75 hp tercapai, dengan torsi sebesar 11.4 Nm. 

Kemudian, 2 tube VeloZee pun dimasukan ke dalam tangki bahan bakar Yamaha NMax. Setelah motor dihidupkan beberapa saat agar aditif bahan bakar tercampur merata di dalam tangki, kemudian, data kedua pun diperoleh.

Seperti metode diawal, kami memilih hasil terbail dari 5x run di atas mesin dyno dan tercatat terjadi peningkatan tenaga mesin sebesar 0.67 hp dan 0.3 Nm di area torsi. Bahkan jika membuka grafik secara lebih detail, peningkatan tenaganya bisa mencapai 0.94 hp saat dititik 8.000 rpm. 

Nah… jadi yang dirasakan peningkatan akselerasi ini bukan sugesti ya Sob… Karena sudah tervalidasi dengan hasil tes di atas mesin Dyno meter. 

Oh yaa… untuk harganya, Sobat dapat membelinya via online di Reika Handojo dengan harga Rp 30 ribu untuk kemasan 10 tube yang berisi 1.5 ml untuk dicampur dengan 7 liter bahan bakar. Namun untuk pemakaian pertama, dosisnya perlu dilipat gandakan. 
Sedangkan untuk mobil, VeloZee kemasan 4.5 ml dijual dengan harga Rp 55 ribu untuk 6 tube. Komposisi campurannya, 4.5 ml VeloZee untuk 20 liter bensin. 

Namun dengan kandungan nabati, OtoPintar hanya mengingatkan untuk tidak menggunakan aditif bahan bakar ini ketika kendaraan akan disimpan dalam waktu lama.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 240 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )