Yamaha Aerox dan New NMax Berteknologi Hybrid Akan Segera Hadir dengan ECU Aracer

Foto: Yamaha / Aracer-speedtek.com

AFTERMARKETPLUS.id – Penerapan teknologi SMG (Smart Motor Generator) pada Yamaha Aerox dan new NMax membuat teknologi hybrid dapat disematkan. Dengan menggabungkan fungsi motor starter dengan generator untuk menyuplai listrik ke aki (baterai), membuat perannya menjadi fleksibel. 

ECU aftermarket asal Taiwan ini telah merilis Aracer RC Super 2 MGU yang memiliki fitur eBoost yang dirancang untuk Yamaha berteknologi SMG. Artinya, ECU Aracer ini bisa digunakan untuk Yamaha Aerox dan new NMax lho Sob.

Fitur eBoost yang disematkan pada ECU Aracer RC Super 2 MGU ini, diklaim mampu menambah tenaga hingga 0.6 – 0.7 hp. Bahkan saat di 8.000 rpm, penambahan tenaganya bisa mencapai 2.5 hp, jika dibandingkan dengan penggunaan ECU standar. Susah lho Sob, buat menambah power sampe sebesar ini di mesin motor…

CARA KERJA eBoost
Prinsip kerjanya, ECU Aracer RC Super 2 MGU ini akan meningkatkan suplai listrik ke aki saat deselerasi hingga tegangan listriknya mencapai 14.8 Volt. Sedangkan saat berjalan normal alias konstan, suplai listrik akan ditahan di 14.6 Volt. 

Nah, hal ini membuat aki (baterai) akan terisi penuh dan dapat digunakan saat pengendara ingin berakselerasi kuat. Arus listrik akan dialirkan ke SMG untuk diubah menjadi motor listrik untuk menambah tenaga mesin. Tapi waktunya hanya dibatasi maksimal 10 detik saja. Setelah itu, aki perlu diisi listrik kembali. 

Pengaturan besarnya tenaga yang ingin ditambahkan oleh motor listrik via teknologi SMG ini pun dapat diatur lho, dengan skala penambahan 0-100%. Begitu pun dengan pengaturan pengisian tegangan listrik yang bisa diatur direntang 13 – 15 Volt via aplikasi Aracer via smartphone.

Prinsip teknologi ini serupa dengan yang dimiliki Honda PCX hybrid dengan sistem paralel. Dimana motor listrik hanya bertugas membantu kinerja motor bakar saja alias tidak bisa bekerja secara individual. 

Ultra Speed Racing (USR) selaku distributor Aracer di Indonesia pun belum menjual produk ini. Tapi info dari Freedy A Gautama selaku pemilik bengkel USR ini menginformasikan yang sudah ready ECU Aracer RC Super 2 MGU untuk pasar Indonesia, baru untuk Yamaha Aerox di negara asalnya, Taiwan.

Kapan akan tersedia di Indonesia? Ia pun bungkam seribu bahasa.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 250 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )