Test Drive BYD Seal AWD Performance: Kencang dan Nyaman Dikendarai

AFTERMARKETPLUS.id – PT BYD Motor Indonesia kembali mengajak awak media untuk mencoba secara langsung salah satu model terbarunya di kelas sedan, yakni BYD Seal di sirkuit Sentul (5/2/2024).

Sebagai mobil listrik, BYD Seal AWD Performance yang kami uji ini diklaim mampu melesat dengan kecepatan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3.8 detik, ini tentu membuat penasaran kami untuk segera membuktikannya.

Deretan BYD Seal yang berjajar rapi di tengah teriknya cuaca panas saat itu di sirkuit Sentul, seakan justru menambah semangat untuk segera mencoba mobil ini.

Eksterior

Tampilan eksterior BYD Seal terlihat modern dan elagan layaknya sebuah sedan papan atas. Dengan paduan lampu depan LED seakan menyatu dengan kap mesin yang melandai menyiratkan betapa aerodinamisnya BYD Seal.

Selain itu, kehadiran rear fog light, LED daytime running light di mobil ini semakin membuat BYD Seal tampil memesona.

Sedangkan buritan BYD Seal tak kalah menariknya. Lampu belakang yang memanjang dan terlihat anggun saat lampunya menyala. Garis-garis dan lekukan tegas di samping bodi mobil semakin menonjolkan kesan dinamis.

Ditopang dengan pelek berukuran 235/45 R19, BYD Seal semakin terlihat kelasnya.

Interior

Masuk ke dalam kabin, kejutan pun kembali dihadirkan di BYD Seal. Kami disambut dengan nuansa interior berwarna hitam dengan jok layaknya mobil balap dengan kualitas material yang pantas diacungi jempol.

Hadirnya head unit berukuran 15.6 inci yang dapat dirotasi sesuai keinginan ini menjadi nilai lebih dari BYD Seal. Tuas persneling yang mungil tampak unik dan menarik.

Dengan postur 173 cm, posisi duduk di BYD Seal terasa nyaman dan ergonomis, apalagi stir yang nyaman digenggam serta visibilitas yang bagus, tentu semakin memanjakan pengemudi.

Rasa Berkendara

Puas mengamati eksterior dan interior BYD Seal, saatnya mencoba rasa berkendara dari mobil sedan ini.

Setelah tombol Start/Stop kami tekan, BYD Seal AWD Performance segera kami ajak masuk ke dalam sirkuit Sentul. Hanya dengan sedikit injakan pada pedal gas, Seal sudah begitu mudahnya melaju.

Kabin hening dan hembusan AC yang begitu dingin semakin menambah kenyamanan penumpang di dalamnya.

Saat memasuki tikungan pertama dengan kecepatan sekitar 90km/jam, BYD Seal masih begitu mudahnya dikendalikan. Dimensi dengan panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.460 serasa pas.

Asyiknya lagi saat BYD Seal kami ajak zigzag di kun yang telah disiapkan dengan kecepatan sekitar 40 km/jam, mobil ini ini tidak begitu limbung dan mobil dengan mudah dikendalikan.

Racikan suspensi depan yang menggunakan Double Wishbone serta suspensi belakang Multi-link bekerja dengan baik.

Kami hampir tidak mengalami kesulitan berarti saat BYD Seal kami ajak memutari sirkuit Sentul, bahkan sangat menyenangkan mengendarai mobil ini. 1 lap berasa kurang, hehehe…..

Nah kejutan hadir saat BYD Seal saat kami ajak berakselerasi dengan trek lurus sekitar 400 meter.

Dalam posisi diam dan kaki kanan menginjak pedal rem, dan saat lampu dari warna merah beralih ke warna hijau, seketika kaki kanan langsung menginjak pedal gas, dan wus BYD Seal langsung melaju kencang dengan cepatnya.

BYD Seal terasa begitu Ngejambak, seakan tubuh melayang masih berada di belakang. Luar biasa akselerasi dari mobil ini.

Dibekali motor dengan maximum power sebesar 230 kW dan maksimum torsi 360 Nm, BYD Seal ini mampu menunjukkan tajinya.

Apalagi BYD Seal telah dibekali fitur keamanan multidimensi dan peringkat keamanan bintang lima dari Euro NCAP.

Kombinasi keamanan multidimensi yang terdiri dari Blade Battery, CTB (cell-to-body) technology, ADAS dan kamera 360° beresolusi tinggi.

Melihat modelnya yang keren dan performancenya yang begitu ciamik, tentu kita penasaran di rentang berapa harganya.

Saat artikel ini kami buat, BYD Motor belum mengumumkan harga resmi Seal di Indonesia.

[MNR]

About pekik udi irianto 2466 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present