First Drive All New Avanza: Lincah dan Berlimpah Fitur

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Toyota All New Avanza telah resmi melenggang di pasar otomotif Tanah Air (10/11/2021). Kamipun penasaran untuk mencoba secara langsung Avanza generasi ketiga ini. Kebetulan kesempatan itu datang dan unit yang kami test merupakan model tertinggi, yaitu 1.5 G CVT TSS.

Seperti apa ubahan dan rasa berkendara dari Toyota Avanza yang juga dikenal dengan julukan mobil sejuta umat ini? Yuk mari kita simak.

Eksterior

Dibandingkan dengan model sebelumnya, All New Avanza bisa dibilang hampir mengalami perubahan total. Kalau Avanza sebelumnya berpenggerak roda belakang, kini All New Avanza berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive) yang benar-benar baru. Dimensi All New Avanza kini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Artinya dimensi All New Avanza lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dari model sebelumnya.

Tampilan eksterior pada bagian depan kini juga lebih modern dan gagah dengan grill yang besar, garis tegas di sisi bodi dan lampu juga sudah LED. Lanjut ke bagian belakang, terlihat juga mengalami ubahan yang signifikan. Tidak terlihat lagi sisa DNA dari Avanza sebelumnya, lampu lebih modern dengan garis lebih tajam. Namun sayangnya di kaca belakang belum tersedia elemen pemanas kaca.

O ya, jika kita buka pintu bagasi terlihat peningkatan yang cukup baik. Jadi di bagian belakang meskipun kursi dalam posisi tegak semua masih menyediakan ruang bagasi yang cukup luas. Dan kalau mau lebih lega lagi, kursi belakang dapat dilipat dengan mudah dengan pelipatan 50:50 sehingga sepeda lipat bisa dengan mudah masuk ke dalamnya.

Interior

Sebelum mencoba rasa berkendaranya, kami penasaran untuk melihat ubahan apa saja di interior bagian belakang All New Avanza ini. Yang paling kentara kini jok nya semakin nyaman diduduki dengan bahan yang semakin berkualitas, lalu AC double blower dengan pengarah angin untuk mengarahkan sesuai dengan keinginan kita dan dengan pengatur 3 kecepatan.

Asyiknya lagi, ketika duduk masih tersedia ruang kaki yang cukup luas dan head room yang masih lega. Kalau masih kurang lega, bangkunya bisa dimaju mundurkan dengan mudah. Penumpang baris kedua pun semakin dimanjakan dengan hadirnya sandaran tangan, dua buah USB slot dan 4 buah cup houlders (2 di pintu kiri dan 2 di pintu kanan).

Lanjut ke bagian interior bagian depan. Posisi duduk nyaman dengan visibilitas yang cukup baik serta pengemudi semakin dimanjakan dengan kehadiran smart keyless entry, jadi tinggal masukin ke saku kemudian tinggal tekan tombol starter.

Di instrumen All New Avanza ini hadir digital multi cluster yang semakin terlihat mewah. AC sudah digital meskipun belum climate control. Seperti di belakang, di bagian depan inipun tersedia cup houlder yang langsung disembur dengan hembusan AC agar minuman tetap dingin. Dan ada dua buah USB slot. Kerennya, All New Avanza kini dilengkapi dengan indikator seatbelt belakang. Untuk mengingatkan penumpang belakang yang belum memakai sabuk pengaman.

Kejutan lainnya, pengaturan stir All New Avanza sudah tilt dan telescopic yang memudahkan kita untuk mengatur posisi duduk terbaik dalam mengemudi.

Rasa Berkendara

Tidak menunggu lama, tombol start stop engine langsung ditekan, suara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm terdengar halus.

Perlahan kami arahkan All New Avanza menyusuri jalanan mulus di tengah kepadatan lalu lintas kota BSD City, tarikan MPV terbaru Toyota ini terasa enteng, hampir tidak ada bedanya dengan model sebelumnya. Namun karena mobil ini sudah menyandang transmisi CVT perpindahan gigi menjadi terasa halus.

Dibeberapa kesempatan sengaja kami melewati polisi tidur, dan ternyata bantingan dari suspensinya masih terasa nyaman.

Bahkan di beberapa tempat kami sempat memacu All New Avanza untuk mendahului kendaraan lain. All New Avanza sangat lincah dan gesit dikendarai. Handling pun cukup stabil.

Ketika akan memutar balik pun, cukup mudah dikarenakan radius putarnya yang kecil walaupun secara dimensi All New Avanza lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya.

Meskipun kami mencobanya hanya sebentar, namun rasa berkendara dari All New Avanza ini memang berbeda. Terasa lebih fun to drive.

Apalagi segudang fitur juga sudah disandang All New Avanza, seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Toyota Safety Sense (TSS).

Masih penasaran Sob? Tunggu Test Drive selanjutnya…..

[MNR]

About pekik udi irianto 1702 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present