First Drive Hyundai New Santa Fe Signature: Manjakan Pengemudi dengan Fitur Terkini

Foto: Istimewa/aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah diluncurkan secara resmi di Indonesia (7/4), kami pun mendapat kesempatan untuk merasakan secara langsung rasa berkendara dari Hyundai New Santa Fe yang dibekali dengan segudang fitur canggih ini. New Santa Fe sendiri hadir untuk mengisi ceruk di segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

Berangkat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, mata langsung tertuju pada sederet New santa Fe yang terparkir rapi. Desain tampilan grille yang lebar dan menyatu dengan lampu depan yang khas, dan desain Daytime Running Lights (DRL) yang membentuk huruf T saat dinyalakan serta bagian samping mobil yang dirancang dengan konsep proporsional yang sangat dinamis tampak menggoda.

Asyiknya lagi, New Santa Fe G 2.5 6AT Signature mesin bensin yang kami coba dibekali dengan fitur Remote Engine Start yang memungkinkan untuk menyalakan mesin dari luar mobil dengan jarak maksimal 10 meter. Cukup dengan menekan tombol lock pada remote. Dalam waktu kurang dari empat detik, maka mesin dan Air Conditioner (AC) mobil akan menyala secara otomatis. 

Tunggu beberapa saat, ketika kami masuk ke dalam mobil, kabin pun sudah adem. Kejutan lainnya, kami juga dimanjakan dengan kehadiran sistem pencahayaan ambient 64 warna dan layar head unit 12.3 inci. Posisi duduk yang nyaman dengan pengaturan jok elektrik serta interior Camel Two Tone semakin menegaskan New Santa Fe sebagai SUV yang stylish dan mewah.

Tanpa menunggu lama, pedal gas saya injak dan New Santa Fe bergerak perlahan menuju tol dalam kota.

Posisi duduk nyaman dan visibilitas yang baik, mengendarai New Santa Fe menyusuri rute dalam kota terasa menyenangkan. Apalagi New Santa Fe sudah dijejali dengan fitur Blind Spot View monitor. Dengan fitur ini kami bisa melihat visual ke arah samping mobil pada instrumen panel ketika lampu sein dinyalakan.

Memasuki tol dalam kota yang kebetulan tidak terlalu padat, berkendara mode Sport menjadi pilihan. New santa Fe dengan mudahnya melaju di kecepatan 120 km/jam, dan pada saat pindah lajur untuk mendahului kendaraan lain handlingnya lumayan mantap.

Puas bejek New Santa Fe di jalan tol, kami pun sempat mencoba menyusuri jalan menanjak dan menurun menuju hotel Royal Tulip di sekitar kota Bogor. Dibekali mesin empat silinder berkapasitas 2.497 cc MPi bertenaga 180 dk dengan torsi 232 Nm, New Santa Fe melahap semuanya dengan cukup mudah. Penyaluran tenaga dan perpindahan giginya terasa halus lewat sistem transmisi otomatis 6 kecepatan.

Masih penasaran dengan Hyundai New Santa Fe G 2.5 6AT Signature yang dibanderol Rp 678 juta (on the road) ini, simak terus aftermarketplus.id.

[MNR]

About pekik udi irianto 1600 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present