First Drive Hyundai STARGAZER Prime: LMPV yang Siap Manjakan Pemiliknya

AFTERMARKETPLUS.id – Hyundai kembali memperkenalkan produk terbaru mereka, kali ini di segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), yaitu ALL New Hyundai STARGAZER. Kami mendapat kesempatan untuk mencoba mobil ini di Hyundai Proving Ground Test Track di Cikarang, Jawa Barat beberapa hari lalu (21/7/2022).

Setibanya di pabrik modern Hyundai di Cikarang, kami disambut deretan All New STARGAZER yang tertata rapi siap untuk dicoba.

Meskipun STARGAZER masuk kategori LMPV, tapi jangan salah kira. Mobil ini siap menghadirkan banyak kejutan. Yuk kita kupas satu persatu.

Eksterior

Pada bagian depan, ciri yang menonjol dari mobil ini terlihat dengan Horizontal Daytime Running Light yang terlihat modern serta tampak serasi dengan headlamp dan grillenya. Geser ke samping, garis tegas pada bodinya menyiratkan kesan elegan dari sebuah mobil keluarga.

Lanjut ke bagian belakang, kami sempat mengamati agak lama pada bagian ini. Tampilan berani dengan  Distinctive H Rear Lamp, yaitu desain lampu belakang berbentuk huruf H yang memungkinkan STARGAZER mudah dikenali sebagai produk Hyundai meski terlihat dari kejauhan.

Lampu berbentuk H yang simetris ini seakan melambangkan keseimbangan, kesatuan, dan keharmonisan. Lampu belakang ini terlihat apik dan unik saat menyala, terutama di malam hari. Sosoknya STARGAZER ini juga semakin ganteng dengan hadirnya pelek alloy 16 inci.

Interior

Puas mengamati eksterior STARGAZER, saat nya masuk ke dalam kabin LMPV terbaru dari Hyundai ini. Untuk masuk ke dalam mobil, Sobat hanya perlu menekan tombol hitam di gagang pintu maka pintu akan terbuka.

Di dalam STARGAZER kami sudah dimanjakan dengan aura modern dan kemewahan dari mobil ini dengan hadirnya Ambient Mood Light yang menghiasi interior.

Pandangan mata juga langsung tertuju ke Head Unit Audio berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Selain itu, terdapat juga wireless charging.

Tak salah memang Hyundai STARGAZER menerapkan konsep utama Multifunctional Storage Space untuk desain interiornya.

Dengan konsep ini, alhasil STARGAZER mampu memaksimalkan ruang yang tersedia untuk penyimpanan, seperti small trays, cup holders, extra pockets, picnic tables dan lain-lain. Tentu ini membuat perjalanan jauh bersama keluarga semakin menyenangkan.

Kerennya lagi, tuas persneling dibungkus kulit layaknya mobil premium yang nyaman digenggam saat melakukan perpindahan gigi dari P ke R dan N menambah nilai lebih Hyundai STARGAZER. Untuk melakukan perpindahan 4 mode berkendara dari Sport, Smart, Eco maupun Comfort cukup dengan tekanan halus pada tombol pengaturan.

Bagaimana dengan performanya?

Posisi duduk lumayan nyaman, sayang pengaturan kursi masih manual. Stir yang dibungkus kulit juga terasa enak digenggam, apalagi pengaturan sudah Tilt & Telescopic. Visibilitas juga cukup baik.

STARGAZER dibekali mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500 rpm. Pada saat mesin kami hidupkan, dari dalam kabin suara mesinnya terdengar halus.

Sebagai LMPV keluarga yang siap mengangkut 7 penumpang, di jalanan lurus dengan sedikit injakan pada pedal gas, tenaganya terasa melimpah di putaran bawah hingga ke tengah. Mobil ini melaju dengan mudah. Rasanya, untuk mendahului kendaraan lain pun cukup gampang.

Handling dari STARGAZER juga lumayan enak, tidak terlalu terasa gejala limbung. Kami pun sempat mencoba duduk di bangku baris kedua, kami masih bisa duduk dengan nyaman. O ya, satu lagi yang menurut kami menjadi nilai lebih dari STARGAZER, yaitu radius putarnya yang kecil. Sehingga sangat memudahkan saat kita akan putar balik.

Kesimpulannya, untuk sebuah mobil LMPV yang dibanderol mulai Rp 243.300.000 hingga Rp 307.100.000 ini layak menjadi pertimbangan. Apalagi buat Sobat yang senang bepergian dengan keluarga. Selain harga yang kompetitif, modelnya yang modern dan elegan, fitur keselamatan yang lebih dari cukup juga STARGAZER ini nyaman dikendarai.

[MNR]

About pekik udi irianto 1907 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present