First Drive Mobil Listrik Wuling Air ev

pekik udi irianto | 22 Aug 2022

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Akhirnya Mobil listrik mungil Wuling Air ev resmi dipasarkan di Tanah Air di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Meluncur dalam dua varian, yaitu Standard Range dan Long Range. Mobil listrik termurah di Indonesia ini ramai dijajal pengunjung GIIAS 2022 dan Kami pun mendapat kesempatan untuk mencoba Air ev di trek khusus yang telah disiapkan Wuling.

Wuling Air ev ini pada saat pertama kali diperkenalkan, tampilan eksterior nya terlihat sungguh menggoda dengan kelir warna - warna cerah.

Apalagi Air ev yang merupakan mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membuatnya mudah dan praktis digunakan. Seperti fitur Keyless Entry, Smart Start System, pilihan 3 mode berkendara dan fitur-fitur bantuan yang lainnya.

Saat akan masuk ke dalam mobil, untuk membuka kuncinya bisa menggunakan Remote Key atau cara yang lebih praktis hanya dengan menekan tombol Keyless Entry yang tersedia di dekat handle pintu. Asyiknya dengan cara ini bahkan tidak perlu lagi mengeluarkan kunci dari saku. Masuk ke dalam kabin, kita akan disambut layar instrumen yang akan otomatis menyala.

Wuling Air ev juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih Smart Start System, ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kendaraan untuk dinyalakan tanpa harus menekan tombol atau memutar anak kunci. Jadi cukup menginjak pedal rem sampai layar instrumen menampilkan status Ready, mobil sudah siap kita ajak jalan.

Menjalankan Air ev ini sangat menyenangkan, dengan tetap menginjak pedal rem, lalu putar knob transmisi ke posisi D, selanjutnya menonaktifkan rem parkir elektrik lalu injak pedal gas dan Air ev akan ngacir. O ya, dengan dimensi P x L x T: 2,974 mm x 1,505 mm x 1,631 mm, duduk di dalam mobil listrik mungil ini masih terasa cukup lega. Visibilitas juga cukup bagus.

Yang menyenangkan pada saat kami menjajal mobil ini, Wuling Air ev menyediakan 3 pilihan mode berkendara, yaitu Eco, Normal dan Sport. Nah, karena pada saat menjajal mobil ini di area perumahan, mode berkendara Normal menjadi pilihan. Akselerasi Air ev ini cukup bagus, tenaganya cukup galak hanya dengan sedikit menginjak pedal gas.

Adapun cara untuk memilih mode berkendara tersebut sangat mudah. Tombol pilihan mode berkendara terdapat di deretan knob pengatur AC di tengah dashboard. Kita dapat memilih mode berkendara yang diinginkan dengan cukup menekan tombol tersebut. Mode yang sedang aktif dapat dilihat pada layar instrumen secara langsung.

Untuk mobil berukuran mungil, handling dari Wuling Air ev cukup nyaman dan lincah. Memang pas kalau buat berkendara di perkotaan atau ketika memasuki gang sempit yang banyak kita temui di kota seperti Jakarta.

Nah ada satu fitur unggulan lagi yang dimiliki Wuling Air ev yang sangat membantu, yaitu HHC (Hill Hold Control) yang berfungsi menahan mobil tidak bergerak beberapa detik ketika di tanjakan. Kami sempat mencoba fitur ini.

Untuk mematikan mesinnya, cukup dengan cara menginjak pedal rem, lalu putar knob transmisi ke posisi P dan selanjutnya aktifkan rem tangan elektrik.

Walaupun waktu yang diberikan kepada kami untuk mecoba secara langsung Wuling Air ev cukup singkat, namun kami sudah bisa merasakan beberapa keunggulan dari mobil listrik ini, yaitu handling cukup bagus, posisi mengemudi nyaman dan fun to drive.

Wuling Air ev hadir dalam dua pilihan, yakni Standard Range seharga Rp 238 juta dan Long Range seharga Rp 295 juta.

Varian terendahnya dibekali baterai berkapasitas 17,3 kWh yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 200 km dengan sekali pengisian daya. Sementara itu varian termahal sanggup mencapai jarak tempuh 300 km karena memakai baterai yang berkapasitas lebih besar, yakni 26,7 kWh.

Bukan hanya dibekali sistem penggerak elektrik, Wuling Air ev juga didukung dengan fasilitas pintar Internet of Vehicle (IoV) menggunakan aplikasi smartphone bernama Wuling Remote Control App.

[MNR]

#First Drive #Wuling Air ev #Mobil Listrik Air ev

...
Author : pekik udi irianto > 2887 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment