First Drive New HR-V 1.5L SE CVT: Mencoba Model Terlaris Ini di Pulau Bali

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Kehadiran New HR-V belum lama ini memang sungguh luar biasa, bagaimana tidak? belum lama diluncurkan SPK sudah tembus ribuan unit.

PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan New HR-V dalam 4 varian, yaitu New HR-V 1.5L S CVT, New HR-V 1.5L E CVT, New HR-V 1.5L SE CVT dan New HR-V 1.5L Turbo RS.

Nah, setelah mencoba sebelumnya New HR-V 1.5L Turbo RS di sirkuit Mandalika yang begitu indah, saatnya kami merasakan secara langsung model terlarisnya, yaitu HR-V 1.5L SE CVT yang dibanderol Rp 399,9 juta (on the road) di pulau Dewata.                 

Beruntung kami mendapat New HR-V 1.5L SE berwarna Sand Khaki Pearl yang merupakan warna baru di jajaran New HR-V. Bersama dengan dua rekan media lainnya, kami menuju beberapa tempat yang harus dikunjungi, yaitu Starbucks Reserve Dewata, UC Silver gold dan Pantai Melasti Ungasan dengan jarak sekitar 99 kilometer.

Tanpa menunggu lama, mesin berkode L15C1 dari New HR-V 1.5L SE CVT kami hidupkan, dari dalam kabin suaranya terdengar halus. Karena kami mengendarai di dalam kota, mode ECO yang paling pas.

Suasana lalu lintas pada saat kami mencoba New HR-V 1.5L SE menuju Reserve Starbucks lumayan padat, apalagi jalan di pulau Bali rata-rata tidak terlalu lebar.

Namun kami tidak mengalami kesulitan berarti. Meskipun sosok New HR-V terlihat bongsor, mengemudikan mobil ini sangat menyenangkan. Sama seperti New HR-V 1.5L Turbo RS, posisi duduknya yang nyaman dengan visibilitas yang baik sehingga dengan mudah melihat situasi sekitar. Selain itu, radius putar New HR-V 1.5L SE lumayan kecil, sehingga memudahkan kami pada saat putar balik.

Pada saat memasuki jalan menanjak dan ingin mendahului kendaraan lain, kami pun pede untuk bejek pedal gasnya. Dibekali mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm terbukti mumpuni.

Memasuki tol Mandara yang kebetulan tidak terlalu ramai, kami sempat coba beberapa fitur unggulan dari Honda Sensing, seperti Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow.

Fitur ini membantu menjaga kestabilan kecepatan New HR-V dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Fitur lainnya yang sangat berguna ketika kami melintas di tol yaitu, Lane Keeping Assist System (LKAS) yang membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi.

Keluar dari tol Mandara kami sempat melewati jalan tidak rata, bantingan suspensi New HR-V 1.5L SE masih terasa nyaman, tidak terlalu keras.

Puas mengemudikan New HR-V versi terlarisnya ini, kami pindah duduk di bangku baris kedua. Seperti apa rasanya? Tunggu di artikel berikutnya ya……

[MNR]

About pekik udi irianto 1854 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present