First Drive New Xpander Cross: Rasa Mobil Pajero Sport!

AFTERMARKETPLUS.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memperkenalkan New Xpander Cross pada ajang internasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin.

Bedasarkan data penjualan GIIAS 2022, Xpander dan Xpander Cross menyumbang 80 persen dari penjualan sebanyak 2800 penjualan.

Xpander menjadi kendaraan yang populer dengan inovasi tampilan eksterior sejak peluncuran 2017 lalu, Hingga kini terus meningkatkan kenyamanan dan performa kendaraan untuk konsumennya.

New Xpander Cross salah satunya, kendaraan ini memiliki berbagai pembaharuan. Bahkan diklaim memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh kendaraan milik kompetitor lain.

Terkait harga, pada tipe CVT Premium Package dibanderol harga Rp 335,7 juta sedangkan varian MT seharga Rp 309,9 jutaan.

Aftermarketplus.id mendapat kesempatan untuk menjajal New Xpander Cross di Indonesia Safety Driving Centre (ISDC), Pusdiklantas, Serpong, Tangerang Selatan (28/08/2022).

Eksterior

Dari segi penampilan, terdapat pembaharuan dari desain eksterior. Kendaraan ini lebih terlihat sebagai kendaraan tipe SUV dengan ukuran ban 17 inci dan memiliki ground clearance yang tinggi 220 mm.

Kami merasakan kenyamanan saat uji coba berkendara melewati speed bump.
Selain itu, terlihat perubahan mulai dari bumper hingga grille pada desain depan mobil.

Interior

Sedangkan pada interiornya, terdapat perubahan desain pada stir kendaraan, LCD meter sebesar 8 inci yang menambah kesan segmen SUV, terdapat wireless charging hingga monitor yang dapat multifungsi.

Menariknya, agar mereduksi suara mesin ke kabin terdapat peredam di berbagai tempat. Mulai dari kap mesin hingga kolong mobil yang ditambah penutup.

Pada sisi pengereman, terdapat fitur auto hold, dimana pengemudi Xpander Cross tidak perlu khawatir kendaraan akan mundur saat berhenti di lampu merah atau bahkan posisi jalan yang menanjak.

Pembaharuan Performa

Peningkatan New Xpander Cross terlihat pada suspensi atau kaki-kaki, khususnya pada bagian belakang. Diameter dari suspensi ini sama dengan Mitsubishi Pajero Sport.

Perubahan ini memang terasa lebih nyaman dan stabil saat dikendarai.

Selain itu, terdapat fitur unggulan yang diklaim tidak dimiliki oleh kendaraan kompetitor lain, yaitu fitur Active Yaw Control (AYC). Fitur ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika bermanuver secara cepat atau bahkan di jalan yang licin.

Kami membuktikan fungsi fitur tersebut saat berkendara di permukaan genangan air, mobil dapat menikung sesuai putaran kemudi dengan stabil.

Hal ini menjadi nilai plus bagi konsumen New Xpander Cross dalam peningkatan kenyamanan dan performa saat berkendara.

Jadi, apakah Sobat aftermarketplus.id tertarik memboyongnya?

[Sigit Akbar]