First Impression Hyundai All New Kona Electric: Mobil Listrik Pertama Baterai Buatan Karawang!

Sigit Akbar | 12 Jul 2024

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Komitmen PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam mendominasi pasar kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, pabrikan asal Korea tersebut siap hadirkan All New Kona Elektric.

Mobil listrik ini bakal diresmikan pada 17 Juli 2024 mendatang. Namun, Pre-booking sudah menyentuh sebanyak 360 an unit dan bakal unjuk gigi di Ajang GIIAS 2024 mendatang.

Menariknya, mobil ini merupakan kendaraan yang sudah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) melebihi 60%, sehingga berhak mendapatkan insentif dari pemerintah.

Walhasil, Kona Elektic dibanderol Rp 500 jutaan dari generasi sebelumnya mencapai Rp 600 jutaan.

"Kona Elektric yang kita kenalin adalah produksi lokal, baterai pertama buatan lokal, lebih menarik lagi buat market Indonesia. Sehingga kontribusi Hyundai akan semakin besar di market Indonesia sekarang kita sekitar 10-15%. Mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi," ujar Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto.

Aftermarketplus.id mendapatkan kesempatan untuk First Impression dan Test Drive All New Kona Elektric di Aloha PIK 2 pada Jumat, 12 Juli 2024.

Secara looks alias bentuk ektesteriornya, dari sisi depan All New Kona Electric tampak khas mobil Hyundai. Futuristik dan elegan, sekilas seperti Hyundai Creta. Sedangkan dari sisi belakang terlihat seperti Stargazer.

All New Kona Electric memiliki panjang 4205 mm, lebar 1800 mm, wheelbase 2600 mm,
dan tinggi 1570 mm.

SUV kompak listrik tersebut memiliki 4 tipe, dengan tipe tertingginya mampu berkendara hingga 600 km (Prime Long Range), Signature Long Range (500 km) dan tipe standar dari Prime dan Signature kisaran 400 km untuk baterai 100%.

Dari segi interiornya, ALl New Kona Electric dibubuhi dengan ragam fitur canggih dan terbarukan.

Penyematan Bluelink menjadi nilai tambah untuk konsumen dapat dengan mudah melakukan pengaturan kendaraan, dari AC, kamera 360, buka tutup mobil, hingga manajemen kendaraan.

Test Drive All New Kona Electric

Secara akurasi data, redaksi sulit dalam memberikan penilaian secara menyeluruh untuk Kona Electric. Hal ini disebabkan rute pendek dengan durasi waktu yang singkat.

Namun, penyesuaian yang dilakukan pihak Hyundai dari berbagai pengaturan track, All New Kona Electric mampu bermanuver dengan baik. Melewati berbagai rintangan, tanjakan dan kekuatan torsi saat dilakukan penekanan.

Di samping itu, Kona Electric mampu melewati area bump, zig zag hingga speed bump.

Ada 4 mode Kona ELectric yang dapat digunakan saat berkendara. Mode Eco membantu untuk mendapatkan manajemen kendaraan secara efisien.

Mode normal yang cukup memberikan kenyamanan dan kecepatan. Mode Sport memberikan akselerasi dan manuver torsi lebih baik. Sedangkan Mode Snow membantu dalam mengoptimalkan putaran roda dan gas lebih halus untuk menjaga traksi.

Redaksi mencatat, Arm Rest pada Kona Electric memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang. Sehingga bagi ukuran tubuh dan tangan pengendara yang berbeda-beda dapat menyebabkan kurang nyaman saat menaruh lengan.

Sisi plusnya, pada bagian bagasi terdapat ruang yang dapat menampung cukup luas sebesar 332 liter dan terdapat juga ruang penyimpanan pada bagian depan yang menjadi nilai tambah.

Gimana sobat Aftermarketplus.id, tertarik untuk test drive All New Kona Electric?

[Sigit Akbar]

#Hyundai #Kona #Kona Electric #First Impression #Hyundai Allah New Kona Electric

...
Author : Sigit Akbar > 276 Articles

Sigit Akbar seorang Jurnalis, Youtuber dan Automotive Enthusiast. Pernah berkarya di Tabloid Otomotif, Grup Kompas Gramedia tahun 2018. Kini aktif menjadi Youtuber di Rukun Indonesia (Rukun Podcast), Head of Pantau Digital dan menikmati perkembangan otomotif di Indonesia sebagai Senior Editor di aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment