First Impression: KIA Sonet, SUV Korea Bertabur Fitur Mewah Ala Mobil Eropa Dijual Mulai Rp 190 Jutaan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Judul artikel ini tak mengada-ada. KIA Sonet, Subcompact SUV (Sport Utility Vehicle) seharga kurang dari Rp 300 juta ini memiliki sejumlah fitur mewah yang biasanya ditemui di mobil Eropa. Diluncurkan hari ini (11/11), KIA Sonet juga tampil dengan visual yang menggoda.

Pertama dari depan bisa dilihat kalau Sonet sudah mengadopsi teknologi lampu utama modern, full LED. Tak lupa terpasang lampu berkendara siang hari yang juga sudah LED. Grille bergaya hidung macan (Tiger Nose) khas mobil-mobil modern KIA sungguh menjadikannya terlihat tampan. Lampu LED juga terpasang sebagai lampu kombinasi belakang.

Profilnya semakin proporsional berkat pemakaian pelek 16-inci dengan desain palang geometri yang unik. Pelindung bertema dua warna di bodi bagian bawah sebagai penanda dirinya sebuah SUV juga hadir. Malah terlihat lebih elegan karena ditambahkan side body moulding berupa ornamen chrome. Tak ketinggalan roof rail di atap.

Masuk ke dalam kabinnya, jangan terkejut kalau semuanya terlihat begitu mewah. Joknya sudah dibalut kulit dengan motif yang menarik. Lalu ada ornamen jahitan berwarna kontras yang memberi kesan sporty. Hebatnya jok ini berventilasi.

Maksudnya bila pendingin kabin dihidupkan, ada udara dingin yang menghembus dari lubang-lubang kecil di kursi ke tubuh pengemudi dan penumpang depan. Mungkin baru KIA Sonet di Indonesia yang memiliki fitur ventilated seat untuk mobil seharga kurang dari Rp 300 juta.

Lalu tengok ke atap, ya ada sunroof elektrik yang dapat dibuka. Ini juga salah satu fitur wajib yang dimiliki hampir seluruh model yang dijual KIA di Indonesia. Menarik bukan, dengan cukup membayar Rp 200 jutaan Anda sudah bisa memiliki SUV baru yang modern dengan atap terbuka.

Menyalakan mesin cukup pencet tombol Start-Stop. Lalu sistem multimedia 8,8-inci menyambut. Nah Layar sentuh infotainment ini punya segudang fitur mulai dari pemutar radio sampai perintah suara.

Kalau masih kurang, ada konektivitas smartphone Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel. Tak perlu repot mencolok smartphone menggunakan kabel data ke lubang USB. Cukup hubungkan lewat Wifi ataupun Bluetooth, fungsi di smartphone seperti navigasi GPS bisa ditampilkan di layar.

Tak perlu takut baterai smartphone terkuras habis, karena tinggal taruh di tray di konsol tengah maka smartphone dengan fitur NFC dapat mengisi daya baterainya secara wireless. Penumpang belakangnya jangan iri, ada slot USB untuk mengecas baterai smartphone di bawah lubang ventilasi AC yang menyembul dari balik konsol tengahnya ke belakang.

Layar sistem multimedianya multifungsi. Ia dapat memproyeksikan tangkapan gambar kamera parkir di belakang. Untuk parkir jadi lebih mudah bukan? Apalagi ada sensor parkir di sekeliling kendaraan juga.

Layarnya ini juga berfungsi menampilkan operasi dan informasi berkendara. Misalnya pilihan mode berkendara Eco, Normal dan Sport. Adapula pilihan mode traksi seperti Snow, Mud dan Snow. Ya semua ini menunjang kemampuan SUV kompak ini untuk menjelajah.

Lalu bagaimana kualitas suara yang dihasilkannya? Jangan ragukan 7 speaker Bose yang tersebar di dalam kabinnya. Uniknya lagi nih, ada lampu suasana di dalam kabin yang dapat menyala mengikuti irama beat musik yang diputar. Fitur ini sangat sesuai di era milenial sekarang ini.

Fitur keselamatannya juga yang terdepan. Ia dilengkapi rem Anti-lock Brake System (ABS) dengan Brake Assist (BA), Electronic Stability Control, Vehicle Stability Management, Hill Start Assist (HSA), 6 airbags hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Performanya didukung mesin 1,5 liter non-turbo yang betenaga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm pada 4.500 rpm. Tenagany disalurkan ke kedua roda depan melalui pilihan transmisi manual atau otomatis CVT.

Transmisi otomatis CVT miliknya juga punya fitur menarik, yakni 8 pilihan virtual gear yang bisa dipilih secara manual. Selain itu kalau pedal gas dipijak dalam, transmisinya bisa memberikan hentakan.

Sensasi pindah gigi ala transmisi otomatis konvensional ini ditujukan untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Tentu saja kalau berkendara kalem, transmisi CVT tetap lembut tanpa hentakan di setiap rentang kecepatan.

Harga KIA Sonet (On The Road Jakarta) :
Premiere CVT Rp 289 Juta
Dynamic CVT Rp 265 Juta
Smart CVT Rp 251,5 Juta
Smart MT Rp 238,5 Juta
Active MT Rp 204,5 Juta
Standard MT Rp 193 Juta

[MNR]

About pekik udi irianto 1515 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present