Holiday Test Drive 2022: Ketika Perjalanan Ribuan Kilometer Menjadi Sangat Menyenangkan Bersama Hyundai CRETA Prime

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah sempat 2 tahun tiarap imbas dari pandemi Covid-19, akhirnya di libur lebaran tahun ini, Holiday Test Drive (HTD) yang hadir sejak tahun 2015 ini kembali menyambangi Anda, pembaca setia aftermarketplus.id.

Bagi kami, HTD bukan sekedar meminjam mobil untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman guna silahturahmi bersama keluarga maupun teman kecil sepermainan. Namun ada misi sebenarnya, yaitu melakukan test drive dalam arti sesungguhnya. Seperti mengangkut kami sekeluarga berlima dengan bagasi penuh barang dan tas, laci penyimpanan semua terisi, jarak yang jauh, berbagai kondisi jalan dan terkadang menemui kemacetan yang lumayan ekstrem.

Tentunya di HTD banyak hal menantang yang kami temui, seperti mencari berbagai tempat menarik untuk mendapatkan spot foto yang ciamik sekaligus mencicipi berbagai kuliner lokal dengan berbagai cita rasa yang verrukelijk (lezat).

Di HTD 2022, Hyundai CRETA sebelumnya memang sudah menjadi incaran kami sekeluarga, selain modelnya yang modern dibalut pelek 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels menambah kesan gagah dan futuristik juga fitur melimpah yang membuat kami kepincut sama SUV terbaru dari Hyundai ini.

Gayung bersambut, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) langsung meminjami kami Hyundai CRETA Prime (tipe tertinggi) yang merupakan mobil pertama diproduksi di Indonesia. Pilihan kami ini terasa pas karena Hyundai menawarkan sebuah rasa berkendara yang menyenangkan dari sebuah SUV.

Melihat banyaknya pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur, kami sekeluarga sudah siap menghadapi kemacetan. Berangkat hari Jum’at (29/4/2022) sekitar jam 22.00 dengan tujuan pertama menuju Bandung.

Perjalanan menuju Paris van Java relatif lancar, hanya sempat terjebak kemacetan sekitar 1 jam di daerah Cikarang. Selanjutnya ramai lancar dan Hyundai CRETA kami pacu sekitar 60 km/jam.

Gelapnya malam selama perjalanan semakin mengasyikkan dengan hadirnya Ambient Mood Lamp, Panoramic Sunroof dan Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci dengan tampilan digital serta lampu utama LED yang terang menyinari jalanan. Berkendara bersama CRETA di malam hari menjadi semakin menyenangkan.

Sehari di Bandung, kami sempatkan untuk mencicipi masakan Sunda di sebuah warung sederhana di daerah Kopo. Berbagai menu khas pasundan kami santap dengan lahap, karena rasanya memang terbukti sedap tidak kalah dengan masakan hotel bintang lima.

Puas kulineran di Bandung, Selanjutnya Hyundai CRETA kami pacu ke Solo melewati tol Trans Jawa. Dengan diberlakukannya one way yang berakhir di tol Kalikangkung, Semarang, perjalanan kami lumayan lancar.

Di jalan tol maupun di jalan non tol pada saat mengemudi, berbagai fitur canggih yang dimiliki Hyundai CRETA terbukti sangat membantu. Seperti fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist ( HBA).

Bahkan pada saat kami terjebak kemacetan di dalam kota Yogyakarta, fitur Driver Rear View Monitor (DRVM) sangat membantu memantau kondisi di sekitar mobil. Sedangkan pada saat melaju di jalan tol, fitur Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA) membuat mengemudi CRETA semakin aman dan nyaman.

Asyiknya lagi, Hyundai CRETA Prime ini benar – benar memanjakan pengemudi dan penumpang depan. Pada saat cuaca lumayan panas dan AC yang berembus dirasa masih belum cukup adem, tinggal tekan tombol Ventilated Seat yang dapat diatur suhunya untuk memberikan kesejukan dan meningkatkan kenyamanan.

Selain itu untuk melepas kejenuhan selama perjalanan, kami berlima terbantu dengan hadirnya layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Luar biasanya lagi, perangkat ini terhubung ke delapan unit speaker BOSE Premium Sound System yang memberikan suara jernih dan enak didengar.

Nah, perjalanan yang paling seru ketika kami menuju ke Kopi Merapi untuk mencari lokasi foto dan tentu saja sembari menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan gunung yang indah.

Perjalanan menuju ke Kopi Merapi yang terletak di lereng Gunung Merapi di Dusun Petung, Cangkringan, Kabupaten Sleman butuh waktu sekitar 1 jam dari hotel kami menginap di kota Yogyakarta.

Jalan yang menanjak dan berliku di lereng gunung Merapi menjadi santapan empuk CRETA yang dibekali mesin 1.497 cc 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 115 PS dan torsi 143.8 Nm. Dipadu dengan transmisi CVT atau Hyundai biasa menyebutnya dengan IVT (Intelligent Variable Transmission), mengemudikan CRETA dengan berbagai kondisi jalan terasa Asyik. Apalagi transmisi ini memiliki fitur dengan mode Smart, selain Normal, Eco dan Sport.

Penumpang belakang pun masih bisa duduk dengan nyaman, ketika CRETA sempat beberapa kali melibas jalan berlubang dan melewati jalan berkelok. Racikan suspensi CRETA ini serasa pas untuk kondisi jalan di Indonesia.

O ya, satu lagi keunggulan yang dimiliki dari mobil yang dibanderol Rp 401 juta ini, yaitu Hyundai Bluelink. Fitur ini memberikan akses penuh kepada pengemudi CRETA untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, dan untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Bisa dibilang Holiday Test Drive 2022 bersama Hyundai CRETA Prime kali ini, benar-benar membawa kegembiraan kami sekeluarga. Selain mobil yang memanjakan seluruh penumpang dengan segala kelebihan yang disandangnya, juga konsumsi BBM yang irit, sekitar 13 km/liter menjadi poin plus tersendiri.

Total perjalanan yang kami tempuh di HTD 2022 kali ini sejauh 2079.7 km, dengan rute Jonggol – Bandung – Semarang -Solo – Karanganyar – Yogyakarta – Cirebon – Bandung – Jonggol.

[MNR]

About pekik udi irianto 1845 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present