Holiday Test Drive 2022: Mudik Yogyakarta – Jakarta 24 Jam Nonstop, Begini Rasanya Pakai Toyota Avanza 1.5 Veloz GR AT

AFTERMARKETPLUS.id – Datangnya hari libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah 2022 yang dimulai dari hari lebaran kedua, kami memutuskan untuk berangkat bersilahturahmi ke rumah keluarga yang berada di Solo dan Yogyakarta, yang dimulai dari tanggal 3 – 6 Mei 2022.

Kami sekeluarga menentukan tujuan dari mulai perjalanan berangkat, nyekar mbah kung yang berada di kota Tegal.

Di Tegal kami sekeluarga menginap sehari di rumah mbah, karena untuk bisa melanjutkan ke kota selanjutnya Solo untuk bisa menyekar kembali, karena sudah terlalu larut malam, akhirnya kami memutuskan untuk menginap sehari di rumah mbah yang berada di kota Tegal.

Pagi hari sekitar pukul 09:00 wib pagi kami berangkat ke kota tujuan Solo yang akhirnya sampai di kota Solo sekitar jam 13:00, yang dilanjutkan dengan nyekar mbah putri, setelah nyekar kami melanjutkan perjalanan ke kota tujuan yaitu Yogyakarta.

Nah, asyiknya selama memakai Toyota Avanza 1.5 Veloz GR AT yang mempunyai tampilan sporty karena dari segi desain yang futuristik serta menawarkan kenyamanan dan performa mesin yang mantap, karena menggunakan mesin generasi 2NR-VE 1.496 cc dual VVT-I sangat cukup untuk diajak berakselerasi.

Toyota Avanza 1.5 Veloz GR sangat enak diajak berakselerasi seperti menikung, bahkan dikecepatan tinggi, tidak adanya gejala oversteer atau understeer berlebihan.

Serta masih nyaman diajak berlari di jalan Tol Palimanan – Cikampek yang saat ini masih bumpy, Toyota Avanza 1.5 Veloz GR sangat siap dalam meredam setiap guncangan yang tidak menimbulkan gejala limbung saat kecepatan tinggi.

Kemudian untuk performa dengan mesin bertenaga 104 dk di 6000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm di 4.200 rpm sangat siap dalam kondisi apapun, baik tanjakan dan turunan ekstream.

Kami sekeluarga memutuskan pulang dari Jogyakara menuju Jakarta yang di tempuh dalam waktu 24 jam nonstop.

Perjalanan Jogyakarta ke Jakarta waktu normal hanya menempuh kurang lebih 7 jam perjalanan.

Di perjalanan pulang kami menghabiskan waktu sampai 24 jam, karena lebaran tahun ini merupakan lebaran yang sudah di izinkan pemerintah saat masih pandemi Covid-19, yang akhirnya semua orang harus pulang ke kota asal atau pulang kampung.

Start dari Yogyakarta Jumat (6/5) pukul 07:00 WIB, kami pun sampai di rumah Sabtu (7/5) pukul 07:15 wib, maklum selain dilanda macet diperjalanan, ternyata hari Jumat merupakan waktu arus balik mudik 2022, kemacetan mulai dari jalan Tol Boyolali sampai Jakarta.

Kami terjebak mengalami kemacetan yang sangat parah lantaran ada jalur contraflow yang tidak dibuka sama sekali ketika kami berada diruas jalur sebelah kiri sampai dengan jalur Cikampek.

Sehingga kami baru bisa mencapai pintu masuk tol Palimanan pada Sabtu pagi, yang akhirnya saya memutuskan untuk beristirahat di rest area 208B.

Setelah itu saya pun melanjutkan kembali perjalanan, namun beberapa titik kondisi padat merayap pun kembali ditemui.

Termasuk menjelang gerbang tol Cikampek serta di KM 40 hingga persimpangan menuju tol Cikarang Barat, yang akhirnya saya memutuskan untuk keluar jalan tol menuju Karawang Barat untuk bisa melanjutkan kejalanan non tol.

Setelah melihat Map di smartphone, ternyata kami berinisiatif untuk kembali masuk jalan tol melalui pintu tol Deltamas dengan jalur yang sudah tidak terlalu macet melainkan padat saat berada di jalan.

Nah selama menggunakan Toyota Avanza 1.5 Veloz GR AT mulai dari 3 – 6 mei melahap sekitar 2,009 km.

[Angga Marsanto]