Holiday Test Drive 2023: New Hyundai Palisade Signature 2WD Manjakan Penumpang dengan Kenyamanan dan Kemewahan yang Disandangnya

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Di ajang Holiday Test Drive (HTD) 2023 kali ini, Kami memilih kendaraan berjenis SUV, yaitu New Hyundai Palisade yang diluncurkan pada bulan Juli tahun 2022 lalu.

Salah satu yang menjadi pertimbangan mengapa Kami memilih mobil ini, karena New Hyundai Palisade selain memiliki kabin yang luas, modelnya keren juga begitu banyak fitur keselamatan yang telah disandangnya.

Seperti sobat ketahui, New Hyundai Palisade hadir dengan berbagai pembaruan di bagian eksterior, interior hingga fitur hiburan dan fitur keselamatan yang canggih.

Unit yang Kami gunakan untuk menemani selama libur Lebaran ke Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta dan Solo ini adalah varian Signature 2WD yang dibanderol Rp 977 juta (on the road) Jakarta. Desain barunya ini terlihat semakin mewah dari model sebelumnya yang mampu memancarkan pesonanya.

Apalagi terlihat ubahan paling signifikan tampak pada radiator grille yang sudah menganut bahasa desain wajah Hyundai masa kini, yakni Parametric Shield berwarna dark chrome.

Bentuk grille barunya ini juga menyatu dengan Parametric Hidden-Type DRL (Daytime Running Light). Saat lampu DRL mati, tidak terlihat karena bentuknya yang terintegrasi dengan grille.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kami berangkat di hari pertama Lebaran menuju kota Bandung dengan harapan tidak terjebak kemacetan. Dan benar, jalan tol Cikampek masih cukup lancar sehingga New Palisade bisa Kami pacu dikecapatan sekitar 100 Kpj.

Meskipun berbodi bongsor dengan dimensi panjang 4.995 mm, lebar 1.975 mm dan tinggi 1.750 mm, mengendarai New Palisade tidak terlalu sulit, enak diajak bermanuver.

Apalagi saat Kami menggunakan mode Sport, akselerasi terasa ringan dan pada saat mendahului kendaraan lainpun begitu mudahnya.

Tidak mengherankan memang, karena New Palisade mengusung mesin 2,2 liter turbo diesel bertenaga 200 PS pada 3.800 rpm dengan torsi puncak sebesar 440 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm.

Selama perjalanan penumpang di bangku baris kedua maupun bangku baris ketiga tampak sangat menikmati duduk di dalam New Palisade. Apalagi bangku baris kedua model captain seat serta interior yang dibalut Nappa Leather berwarna warm grey yang istimewa membuat betah duduk di dalamnya.

Penumpang semakin terasa dimanjakan lagi dengan hadirnya atap panoramic yang kalau dibuka semakin menambah kesan ruangan kabin menjadi lebih luas lagi.

Tersedia juga colokan USB untuk setiap penumpang baris pertama, kedua dan ketiga. kerennya lagi, privasi semakin ditingkatkan dengan tersedianya tirai di jendela kursi baris kedua.

Keesokan harinya, perjalan HTD 2023 berlanjut menuju kota Cirebon dengan rute yang Kami pilih melalui tol Cisumdawu. Di tol ini selain menyuguhkan pemandangan yang ciamik juga aspal yang mulus. Tentu kondisi jalan seperti ini menjadi santapan empuk New Hyundai Palisade.

Menariknya di New Hyundai Palisade dilengkapi dengan 4 pilihan mode berkendara, yaitu Comfort, Eco, Sport dan Smart. Kali ini mode berkendara Eco menjadi pilihan dengan harapan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Maklum, New Palisade minumnya Pertamina DEX, hehehe……

Namun meski berkendara di mode ECO, kalau pedal gas tiba-tiba diinjak dalam maka transmisi langsung memindahkan posisi gigi ke performa yang optimal. Putaran mesin melonjak dan respons pedal gas menjadi ‘ganas’ seketika.

Kecekatan seperti ini dibutuhkan untuk saat tiba-tiba mobil membutuhkan energi besar seperti saat ingin mendahului kendaraan lain atau saat akan menanjak. Jadi pengemudinya tak harus repot pindah ke mode sport dulu untuk dapat momentum yang tepat.

Mengemudikan Palisade dengan jarak ratusan km ini tetap menyenangkan dan percaya diri, salah satunya dengan hadirnya teknologi Selective Damping Control (SDC). Karena SDC ini membaca dan membagi karakteristik peredaman dalam dua jenis, yakni low dan high frequency.

Maksudnya, ketika menghadapi jalanan rusak dan bergelombang, maka rebound suspensi dibuat agak lembut untuk menyerap vibrasi dan meningkatkan kenyamanan.

Tetapi saat melakukan manuver menikung di kecepatan tinggi rebound suspensi ditingkatkan agar mobil lebih mudah dikendalikan dan lebih stabil. Kesimpulannya, tidak butuh effort lebih bagi pengemudinya untuk mengemudikan Hyundai Palisade Facelift.

Tapi yang paling mengasyikkan lagi saat mengemudi di jalan tol, pada Hyundai Palisade versi tahun 2022 ini tersedia fitur baru bernama Smart Cruise Control with Stop and Go Function yang tak ada pada versi sebelumnya.

Jadi kalau diaktifkan, fitur cruise control dapat mengatur kecepatan kendaraan mengikuti kendaraan di depannya. Bahkan bisa berhenti dan melaju mengikuti kendaraan di depan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal gas.

Apalagi di New Hyundai Palisade ini dilengkapi fitur keselamatan aktif Hyundai SmartSense, seperti fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Driver Attention Warning (DAW) dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Kesimpulannya, di HTD 2023 kali ini Kami sudah tepat memilih New Hyundai Palisade untuk diajak keliling Jawa Tengah dan Jawa Barat mengunjungi tempat – tempat wisata di daerah tersebut maupun menikmati kuliner lokal setempat.

Selain memanjakan seluruh penumpang dengan kabin yang luas, nyaman duduk di dalamnya, royal fitur keselamatan dan sering menjadi pusat perhatian pengendara lain karena model New Hyundai Palisade yang gagah, sporty dan modern.

[MNR]

About pekik udi irianto 2274 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present