Holiday Test Drive 2023: Toyota Raize GR Sport, Sangat Memuaskan

Angga Marsanto | 01 May 2023

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi telah memasarkan Toyota Raize pada 30 April 2021, mobil yang ditawarkan tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.0 turbo dan 1.2 non turbo, dengan menggunakan mesin 3 silinder terbaru khusus Toyota Raize di Indonesia.

Toyota Raize varian 1.0T GR Sport CVT menggunakan mesin 1KR-VET 3 silinder turbo, segaris, 12 valve DOHC dengan VVT-i yang mempunyai kubikasi 998 cc, yang mampu menghasilkan daya 98 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Kami dari aftermarketplus.id mencoba menggunakan Toyota Raize GR Sport dalam Holiday Test Drive selama Lebaran 2023, dengan kondisi tiga penumpang didalamnya, kami tidak mendapatkan kesulitan dalam memacu Raize hingga kecepatan 110 kilometer per jam, begitu pula saat digunakan di tol dalam kota, cukup mudah dan responsive untuk mobil bermesin 998 cc turbo.

Mesin Toyota Raize 1.0 cc 3 silinder turbo, di klaim Toyota memupunyai keunggulan dibandingkan dengan mesin sejenis mobil di awal tahun 2010an.

Karena mempunyai mesin 3 silinder yang lebih jauh halus dan minim getaran dengan perkembangan teknologi membuat mesin berkapasitas kecil dengan turbi memiliki kemampuan yang jauh lebih baik.

Menariknya setelah digunakan di dalam kota, Toyota Raize memiliki kaki-kaki yang besar sehingga terlihat kokoh yang sesuai dengan karakter SUV.

Kemudian saat digunakan bermanuver mobil ini sangat stabil karena menggunakan fitur Vehicle Stability Control (VCS) yang merupakan fitur standara yang ada di semua varian Toyota Raize.

Bukah hanya VCS saja melainkan ada fitur Hill Start Assist, yang berfungsi membantu mobil berhenti di tanjakan untuk mencegah mundur meski pedal rem tidak diinjak.

Selama menggunakan Toyota Raize selama Holiday Test Drive, yang kami dapatkan kenyamanan dalam menggunakan Raize, apa lagi dilihat dari desain jok memberikan kenyamanan selama berkendara.

Kemudian di bagian kaki-kaki yang didukung oleh ban dengan profil 205/60-R17, dengan ban berukuran besar yang ditopang dengan suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (belakang).

Toyota Raize juga mempunyai kabin yang lumanan banyak, mulai dari kompatermen di setiap pintu, laci pada dashboard, dibagian konsol tengha, laci serbaguna di bagian sisi kanan dan kiri.

Kemudian untuk memaksimalkan ruang kabin belakang, kursi baris kedua bisa dilipat dengan menarik tuas yang ada di sebelah kiri dan kanan jok, karena kursi bisa dilipat rata dengan konfigurasi 60:40.

[Angga Marsanto]

#Toyota Raize #Toyota Raize GR Sport

...
Author : Angga Marsanto > 1894 Articles

Angga Marsanto, lulusan S1 Ekonomi STEKPi, memulai karir dibidang otomotif sejak :
2009 - 2014 Jurnalis di Majalah Yamaha Motodream
2015 - 2019 Jurnalis di Otorider.com
2019  Senior Editor Aftermarketplus
2012 - Sekarang Ketua Umum Jakarta Jupiter Club
2013 sebagai Konseptor Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI)
2010 - 2014 Test Rider Yamaha
 

Comment (0)

List Comment

No Comment