HOLIDAY TEST DRIVE 2024: Perjalanan Mengasyikkan Bareng Hyundai Ioniq 6

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Ada yang membedakan Holiday Test Drive (HTD) kami tahun ini dengan tahun  sebelumnya, yakni kami 2 kali melakukan HTD.

HTD yang pertama kami menggunakan Hyundai Stargazer X selama 7 hari dengan mengunjungi Semarang, Magelang dan Yogyakarta lalu kembali ke Jakarta. Setelah istirahat bebebrapa hari, HTD yang kedua kali ini menggunakan Hyundai Ioniq 6.

Ya, kami penasaran untuk menggunakan mobil listrik terbaru dari Hyundai ini ke Jawa Tengah, persisnya kota Solo dan Tawangmangu.

Kami kepincut dengan mobil ini ketika melihat tampilan eksterior Ioniq 6 yang tampak futuristis dan sporty, serta mengedepankan desain yang terlihat aerodinamis berkat konsep Electrified Streamliner.

Tampak depan Ioniq 6 kesan futuristis terlihat nyata dengan lighting Parametric Pixels dan lampu belakang Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada spoiler belakang. Sedangkan bodi samping Ioniq 6 aspek aerodinamis sangat diperhatikan terlihat dari gagang pintu yang menerapkan Flush Door Handles.

Gagang pintu ini akan rata dengan bodi saat mobil terkunci. Ini menunjukkan begitu detil dan rapi sosok Hyundai Ioniq 6 ini.

Begitu juga bagian belakang dari Ioniq 6 yang semakin menunjukkan kesan sporty dengan spoiler terletak persis di bawah kaca belakang dan satu spoiler lagi berada di bawahnya. Lampu LED memanjang, di mana Hyundai menyebutnya Parametric Pixel semakin mempermanis tampilan Hyundai Ioniq 6.

Masuk ke dalam kabin, kami disambut interior yang terkesan mewah layaknya mobil kelas atas serta 12.3 inci Full TFT LCD touch audio display yang informatif. Posisi duduk pun sangat ergonomis dengan visibilitas yang cukup baik.

Puas mengamati interior dan eksterior Ioniq 6, saatnya berangkat ke Jawa Tengah dengan tujuan kota Solo. Tentunya dengan baterai yang sebelumnya telah kita isi full.

Perjalanan menuju Solo bisa dikatakan sangat menyenangkan. Selain jalan tol Trans Jawa yang lancar, juga kami disuguhkan dengan kenyamanan dan performa Ioniq 6 yang layak diacungi jempol.

Betapa tidak, saat mendahului kendaraan lain, Ioniq 6 ini hanya dengan sedikit injakan pada pedal gas mobil begitu responsif melaju kencang.

Ini karena Hyundai Ioniq 6 dibekali baterai 77,4 kWh yang menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, IONIQ 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Tenaga maksimal pun memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Begitu juga dengan suspensinya, saat melintas di jalan yang bergelombang dengan kecepatan sekitar 105 kpj masih cukup nyaman.

Sepanjang perjalananpun kami cukup terhibur dengan hadirnya 8 Bose Premium audio system dari Ioniq 6 ini yang membantu menjaga mata tetap melek, suaranya terdengar nyaman di telinga, dengan suara bass dan treble yang apik.

Selain itu, hadirnya serangkaian titik dan tipe pengecasan yang terdiri dari wireless charging pad yang berada di konsol tengah, power outlet 12V di konsol depan serta USB-C power outlet yang tersebar di empat titik baris depan dan baris kedua, ini sangat membantu saat melakukan perjalanan ketika ingin mengecas smartphone maupun perangkat elektronik lainnya.

Yang paling mengasyikkan menurut kami ketika HTD menggunakan Ioniq 6, yakni daya jangkaunya yang lumayan jauh bisa menempuh hingga sekitar 500 an km dalam kondisi baterai terisi penuh. Makanya kami mampir ke SPKLU hanya sekali di daerah Tegal sekalian beristirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Kebetulan SPKLU yang kami temui terdapat Ultra Fast Charging, jadi hanya butuh waktu sekitar 1 jam saja untuk pengisian daya nya.

Seperti diketahui, Hyundai IONIQ 6 yang dibanderol Rp 1.197.000 (on the road) Jakarta ini telah dijejali dengan berbagai fitur keamanan, seperti BVM (Blind Spot View Monitor) dan SVM (Surround View Monitor), DAW (Driver Attention Warning), RCCA (Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist) dan SCC w/ S&G (Smart Cruise Control with Stop & Go).

Selain itu, Ioniq 6 juga dibekali dengan fitur Hyundai SmartSense, yakni IFS (Intelligent Front-lighting System), FCA 2 (Forward Collision-Avoidance Assist 2), LKA & LFA (Lane Keeping & Lane Following Assist) serta  BCA (Blind Spot Collision-Avoidance Assist).

[MNR]

About pekik udi irianto 2520 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present