Holiday Test Drive New Honda CR-V RS e:HEV: Selain Nyaman, Juga Irit Sob!

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Untuk menemani Liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru (Nataru) di ajang HTD (Holiday Test Drive) 2023 kali ini, Kami menggunakan New Honda CR-V RS e:HEV ke kota Solo, Yogyakarta dan Bandung.

Alasan mengapa pilihan kami jatuh ke New Honda CR-V RS e:HEV karena beberapa pertimbangan, yakni selain modelnya yang modern dan sporty, kabin yang lapang, mobilnya nyaman dikendarai dengan segudang fitur, tenaganya mumpuni dan tentu saja yang paling layak diacungi jempol yaitu komsumsi BBM nya yang super irit.

New CR-V RS e:HEV hadir dengan 5 pilihan warna, nah mobil yang kami gunakan untuk HTD ini berwarna Ignite Red Metallic, kebetulan warna merah ini merupakan warna favorit kami.

Biasanya di HTD kami berangkat dari rumah selepas sholat subuh, namun kali ini kami berangkat sekitar jam 4 sore. Pertimbangannya cuaca sudah tidak terlalu panas dan dengan adanya jalan bebas hambatan tol Trans Jawa tentunya membuat perjalanan semakin singkat.

Di HTD ini kami melakukan perjalanan dengan 5 penumpang dewasa, beruntungnya New Honda CR-V RS e:HEV mempunyai kabin yang luas, sehingga 3 orang penumpang di bangku baris kedua yang masih bisa duduk dengan nyaman. Kakipun masih dalam posisi yang nyaman, meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

Asyiknya lagi dengan adanya bagasi yang lumayan luas, barang bawaan bejibun dari kami berlima masih bisa di akomodasi dengan baik.

Mengawali perjalanan, kami sempat terjebak kemacetan di Metland Cileungsi. Imbas banyaknya kendaraan besar maupun kendaraan pribadi serta sepeda motor yang lewat. Beruntung dengan adanya fitur Brake Hold di New CR-V RS e:HEV ini sangat membantu. Cukup injak pedal rem, mobil sudah berhenti tanpa harus ubah tuas transmisi ke netral. Lalu saat mau jalan, tinggal injak pedal gasnya lagi.

Lepas dari kemacetan, New Honda CR-V RS e:HEV langsung tancap gas menuju jalan tol Jagorawi dengan mode berkendara Normal.

Di jalan bebas hambatan, New CR-V RS e:HEV sangat menyenangkan dikendarai. Tenaga dari mesin berkapasitas 2.000 cc nya yang dipadu dengan motor baterai terasa sangat berlimpah. Hanya dengan sedikit injakan pada pedal gasnya, mobil yang dibanderol Rp 800 jutaan ini sudah melaju kencang.

Setelah dengan mode berkendara Eco, Kami coba berkendara mode Sport. Wow, New CR-V RS e:HEV semakin memberikan sensasi berkendara yang semakin memacu adrenalin, tenaga dan akselerasinya semakin galak. Tentu kami tidak lama menggunakan mode Sport, karena pasti komsumsi bbm nya akan sedikit lebih boros dibandingkan dengan mode Eco, hehehe.

Total tenaga yang dihasilkan dari kedua mesinnya tersebut sebesar 204 dk dan torsi sebesar 335 Nm. Untuk menyalurkan tenaganya ke empat rodanya, Honda CR-V RS e:Hev telah menggunakan transmisi baru eCVT.

Saat memasuki rest area setelah sekitar 2 jam mengemudi untuk beristirahat, tampilan eksterior New Honda CR-V RS e:HEV dengan kelir merah ini banyak menarik perhatian pengendara lain. Bahkan sempat ada satu keluarga muda yang menanyakan bagaimana rasa berkendara dari mobil ini. Kamipun dengan senang hati menjelaskan berbagai keunggulan dari New CR-V RS e:HEV untuk menjawab rasa penasaran mereka.

So, bisa dibilang selama perjalanan di jalan tol Trans Jawa, New CR=V RS e:HEV ini memberikan kesenangan tersendiri. Baik itu untuk pengemudi maupun penumpang. Apalagi untuk mengusir kejenuhan selama perjalanan, system entertainment SUV terbaru dari Honda ini sangat memanjakan seluruh penumpang.

Audio bose nya mampu memuaskan telinga kami selama perjalanan. Head unitnya sudah berteknologi Android auto, Apple Carplay, Bluetooth dll. Menariknya saat malam hari, ambient light yang terpancar dari door trim di pintu mobil membuat tampilan interior mobil ini semakin mewah dan sedap dipandang mata.

Selain itu, New CR-V ini juga sudah dilengkapi fitur wireless charger, sehingga memudahkan kami saat mengisi daya smart phone.

Setibanya di kota Solo, New CR-V RS e:HEV kami ajak menyambangi beberapa tempat kuliner yang sudah cukup terkenal. Seperti rumah makan Sate Kambing pak Dahlan dan mbok Galak yang berada di daerah Sumber.

Lalu kulineran berlanjut ke soto bening di daerah Tipes, selanjutnya Serabi Notosuman dan Timlo Solo. Nah tak lengkap rasanya kalau sudah di solo tidak mengunjungi Pasar Gede. Di sinilah tempatnya kalau mau beli oleh-oleh tradisional khas Solo yang harganya bersahabat, apalagi kalau Sobat pandai menawar, pasti dapat harga yang lebih jos.

Puas kulineran di kota Bengawan, New Honda CR-V kami ajak ke daerah Kaliurang untuk mengunjungi seorang sahabat sesama alumni Kompas Gramedia yang kini mempunyai usaha café “Kopilimadetik” di daerah Sleman, Yogyakarta. Nah, di sini jalurnya lebih menantang. Selain jalannya berkelok, juga menanjak dan menurun.

Di momen ini kembali New CR-V RS e:HEV menunjukkan kelasnya sebagai sebuah mobil SUV premium. Jalan menanjak dan berkelok dibabat habis dengan mudah. Bantingan suspensi nya juga terasa pas saat melibas jalan begelombang.

Bahkan saat melahap jalan berliku, baik itu menanjak dan menurun gejala body roll sama sekali tidak terasa. Mobil tidak limbung, sehingga mengendarai New CR-V RS e:HEV semakin percaya diri. Terutama saat akan mengendarai kendaraan lain.

Setelah bermalam di daerah Kaliurang, keesokan harinya perjalanan HTD 2023 berlanjut ke kota Yogyakarta. Di kota Pelajar ini, kami disambut kepadatan lalu lintas yang luar biasa. Beruntung, New CR-V RS e:HEV ini memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Sesampainya di Kota Yogya, kami menyempatkan untuk menyambangi gudeg Yu Djum yang terkenal lekker (enak) untuk makan siang. Dan tentunya bakpia oleh-oleh khas kota Gudeg ini pun menjadi sasaran berikutnya.

Total perjalanan yang kami tempuh selama Holiday Test Drive 2023 kali ini sekitar 1343 km, dengan konsumsi bbm seperti yang tertera di layar MID rata-rata yaitu sekitar 17.5 km/l. Inilah salah satu alasan mengapa New CR-V RS e:HEV menjadi pilihan kami di HTD tahun ini. Selain nyaman, juga irit bbm.

[MNR]

About pekik udi irianto 2449 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present