Holiday Test Drive: Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Irit dari LCGC Sekalipun

AFTERMARKETPLUS.id – Bahan bakar menjadi salah satu biaya yang patut diperhitungkan saat berlibur. Tapi Sobat akan tersenyum saat berlibur dengan Toyota Corolla Cross Hybrid.

Bagaimana tidak? Kapasitas tangki hanya 36 liter, namun memiliki kemampuan jelajah yang sangat mumpuni.

Hal ini OtoPintar buktikan saat pelesir ke Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat (3-4/1/2022).

THANKS TO JAMES ATKINSON

Salah satunya adalah penerapan mesin dengan sirklus Atkinson yang ditemukan pada tahun 1882. Sirklus ini mirip dengan sirklus Otto 4 langkah, namun hanya berbeda saat langkah kompresi saja.

Dimana pada sirklus Atkinson, katup masuk masih terbuka beberapa saat sehingga campuran udara-bensin akan terdorong ke intake manifold kembali. Kemudian akan kembali dihisap saat langkah berikutnya.

Alhasil, bahan bakar yang digunakan begitu minim. Tak heran jika rasio kompresi statis mesin 2ZR-FXE mencapai 13:1. Bandingkan dengan mesin bensin konvensional Toyota Corolla Cross yang hanya 10.5:1.

Dengan bahan bakar yang minim di ruang bakar, otomatis tenaga dan torsi yang dihasilkan pun tidak sebesar mesin dengan sirklus Otto.

Mesin berkapasitas 1.797 cc ini hanya menghasilkan tenaga sebesar 98 PS di 5.200 rpm dan torsi sebesar 142 Nm di 3.600 rpm atau setara dengan mesin sirklus Otto berkapasitas 1.300 cc.

Dengan bobot 1.385 kg, tentu menghasilkan Power to Weight Ratio (PWR) yang tidak ideal. Motor listrik-lah yang mengkompensasi kekurangan ini. Single motor listrik yang disematkan di area transmisi tanpa roda gigi (CVT) ini mampu menambah power spontan sebesar 72 PS dan 163 Nm.

Alhasil, saat kedua motor penggerak ini bekerja bersamaan, maka otomatis mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 170 PS dan 305 Nm. Mirip seperti mesin berkapasitas lebih dari 2.000 cc pada umumnya, namun memiliki torsi yang cukup besar.

Saat di rute perkotaan, konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid mampu mencatat angka 19,7 Km/L. Sebuah angka yang tak mungkin diraih oleh mesin konvensional sekelas LCGC sekali pun.

Alhasil, biaya untuk membeli bensin pun kian terpangkas dan bisa dialihkan untuk keperluan liburan lainnya…

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 284 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )