Mercedes Benz C300, Arti Sebuah Kesempurnaan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Kini saatnya kami mengetes jalan C300 terbaru ini. Saat masuk ke dalam mobil, saya sangat menyukai teknologi easy accsesnya. Meskipun menggunakan jok semi bucket, tapi saya dapat keluar dan masuk mobil dengan mudah. Karena jok akan mundur dengan sendirinya saat kita mematikan mesin mobil. Tapi saat kita menyalakan mesin mobilnya, jok otomatis akan maju ke posisi duduk saya semula.

Setelah posisi duduk menyetir sesuai, saya langsung jalan-jalan naik mobil dengan kode body w205 ini. Yang saya sangat suka dari mobil ini, kini Mercedes membuat C300 semakin fun to drive. Bantingan suspensinya memang sedikit keras meskipun tidak sekeras C180 dan C200. Tapi handling mobil ini luar biasa. Meskipun begitu, saat melewati jalan tidak rata dan polisi tidur, bantingan suspensinya masih cukup nyaman. Tidak sekeras pesaingnya.

Saat saya injak pedal gas, mobil ini melaju dengan cepat. Mercedes C300 AMG line mendapatkan perubahan paling signifikan dengan mesin berkapasitas 2.000 cc empat silinder turbo baru menghasilkan tenaga 14 dk lebih banyak dibandingkan mesin lama.

Dengan total tenaga 255 dk, torsi tetap stabil pada 370 Nm. Puncak torsi sekarang menjadi 500 rpm hingga 1.800 rpm. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis sembilan kecepatan dan penggerak roda belakang atau semua roda.

Sama seperti mobil Mercedes Benz canggih lainnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan park assist dan line assist. Selain itu ada beberapa fitur yang menurut saya sangat berguna digunakan saat saya sedang arungi kemacetan.

Terdapat breake assist yang dapat membuat mobil mengerem sendiri jika tiba-tiba ada mobil atau motor memotong jalur kita. Sehingga kita terhindar kecelakaan. Lalu saat jarak mobil dengan kendaraan lain sudah dekat, maka kamera 360 derajatnya akan aktif sendiri.

Fitur entertainment sistemnya juga sangat menghibur. Suara yang dikeluarkan dari speaker merek Burmesternya sangat enak didengar telinga. Mobil ini sudah support Apple Carplay, Bluetooth audio dan lain-lain. Lalu saat smartphone saya habis baterai, saya dapat mencharge melalui fitur built in wireless charing yang ada dimobil ini. Sangat membantu sekali.

Saya sangat menyukai mobil seharga Rp 970 juta off the road ini. Fitur yang lengkap banget, rasa berkendara yang sangat fun to drive, panoramic, dan teknologi mesin baru yang canggih membuat saya berpikir bahwa saya hampir tidak melihat kekurangan mobil ini.  

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 520 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website