New A-Class Sedan, Semakin Berkelas

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id –  PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia tahun lalu, tepatnya di bulan November 2019 memperkenalkan New A-class Sedan. Setelah peluncurannya, kamipun penasaran untuk mencobanya.

Gayung bersambut, kamipun dipinjami 1 unit New A 200 Sedan Progressive Line di akhir pekan untuk kami ajak menembus belantara Ibukota Jakarta.

Sekilas melihat tampilan depan New A 200 Sedan ini, tampak elegan dan sporty dengan logo besar Mercedes-Benz di tengah gril menambah kesan mewah.

Lampu depannya dengan desain daytime running light (DRL) ini telah mengadopsi teknologi LED terkini yang berada tepat diatas bohlam lampu besarnya. Asyiknya, DRL ini juga berfungsi sebagai lampu sein.

Puas mengamati bagian depan, pandanganpun tertuju ke bagian pelek alloy berukuran 18 inci yang dibalut ban Bridgestone ukuran 225/45/R18 dengan model palang 5 monoblock berwarna perpaduan silver dan hitam menambah kesan anggun.

Setelah mengamati bagian eksterior, kami masuk ke ruang kabin. Mobil ini menawarkan posisi duduk ergonomis dengan jok nyaman bagi pengendara.

Kedua jok depan ini dioperasikan secara electris dilengkapi dengan memory pengaturannya. Pengaturan jok electris tersebut terletak di door trim.

Interior New A 200 Sedan Progressive Line ini sangat memanjakan penumpangnya, dengan hadirnya dua layar berukuran 10,25 inci. Layar satunya untuk entertainment, dan layar satunya lagi berfungsi sebagai speedometer.

Selain itu, mobil ini mempunyai teknologi MBUX. Dengan voice assistant, Anda bisa mengoperasikan beberapa fitur di mobil dengan hanya tinggal menyebutkan “Hey Mercedes”.

Selanjutnya mobil akan menanyakan pada Anda, apa yang bisa dibantu. Kami sempat mencoba fitur ini seperti untuk menurunkan temperatur Ac, mengaktifkan dan mematikan radio dan mengganti channel radio.

Setelah puas berselancar dengan fitur tersebut, kami mengeksplor fitur lain di layar tersebut, seperti fitur navigation, radio, bluetooth, pengaturan AC dan pengaturan mode berkendara.

Beralih ke Instrument Cluster, desain dan resolusi sama canggihnya seperti di Head Unit. Bagian ini juga bisa dikontrol melalui track pad yang ada di setirnya.

New A-Class Sedan juga dilengkapi dengan ambient light dengan variasi 64 warna yang dapat menyala berbeda pada bagian atas dan bawah dasbor serta door trim yang membuat Anda betah duduk di dalamnya.

Selain itu, kami sangat menyukai desain setirnya yang canggih dan tentunya sangat nyaman digenggam. Selain dibungkus dengan bahan kulit berkualitas, setir dengan model palang tiganya ini juga terdapat tombol serta trackpad untuk pengaturan menu di instrumen cluster dan layar entertainmentnya.

Ini tentunya sangat memudahkan ketika mengendarai mobil ini sehingga tetap fokus pada lingkar kemudi meskipun Anda ingin  mengoperasikan fitur lainnya.

Lalu pada console tengah terdapat trackpad juga untuk mengoperasikan layar tersebut. Selain itu terdapat juga tombol untuk pengaturan mode berkendara, volume audio, kamera, parking assistance, menu favorite, navi, radio dan telephone.

Terdapat juga laci yang cukup besar. Selain itu, mobil ini mempunyai 3 colokan usb. 2 didalam laci tengah, dan 1 berada di dekat sepasang cup holder. Didepan cup holder terdapat wireless charging. Fitur ini sangat membantu sekali.

Pada bagian tengah dasbor terdapat 3 lubang ac model turbin serta tombol pengaturan AC.

Selanjutnya kamipun mencoba duduk di bangku baris kedua. Sayangnya, meskipun mobil ini sudah lebih panjang dari A 200 Hatchback, yaitu 4.549 mm namun masih terasa sempit.

Meskipun begitu, mobil ini mempunyai head room yang memadai. Sayang di jok belakangnya tidak dilengkapi arm rest. Namun, untuk bagasinya A-Class Sedan ini lumayan luas.

Tanpa menunggu lama, langsung pencet tombol engine start, mesin berkapasitas 1.332 cc, 4 silinder dengan teknologi turbo, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 dk dengan torsi 250 Nm langsung menyalak.

New A-Class Sedan langsung kami arahkan menyusuri kota Jakarta. Meskipun di akhir pekan, kami sempat melewati kemacetan. Beruntung mobil ini menyajikan kualitas pengendaraan yang apik. Nyaris tidak ada gejala turbo lag meski kondisi jalan stop and go, transmisi dual-clutch 7-percepatan terasa begitu halus.

Untuk rute dalam kota, konsumsi bahan bakar New A-Class Sedan ini masih tergolong irit, yaitu sekitar 1:12 km/l.

Setelah cukup puas berkendara di dalam kota, keesokan harinya New A-Class Sedan kami bawa ke tol Jagorawi. Dengan mode berkendara comfort, dalam hitungan detik, mobil ini bisa dibejek cukup mudah hingga 160 km/jam tanpa kesulitan. Akselerasi New A-Class Sedan ini sangat responsive, layak diacungi jempol.

Menurut data claim Mercedes, untuk menempuh kecepatan dari 0 ke 100 km/jam, mobil ini hanya perlu waktu sekitar 8.1 detik.

Lalu bagaimana dengan efisiensi bahan bakarnya? A-Class Sedan sudah disematkan teknologi Gasoline Direct Injection serta Cylinder Deactivation yang bisa menonaktifkan silinder dua dan tiga saat tidak dibutuhkan agar semakin menghemat bahan bakar.

Alhasil, pada kecepatan 100 km/jam, putaran mesin hanya menunjukan 2.200 rpm. Sehingga untuk rute tol, mobil ini mencatatkan 1:20 pada mid.

Mercedes-Benz New A-Class Sedan tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu Polar White, Cosmos Black, Mountain Grey, Mojave Silver dan Jupiter Red. Mobil ini dibanderol Rp 799 juta off the-road.

[MNR]

About pekik udi irianto 1437 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present